Google Doodle Kembali Peringati Ulang Tahun Tokoh, Kali Ini Eva Ekeblad, Siapakah Dia?

abadikini.com, JAKARTA- Nama Eva Ekeblad hari ini dipopulerkan oleh Google melalui doodle spesial yang dipasang di laman pencarian, Senin (10/7/2017). Pasalnya, Google menampilkan ilustrasi sebuah talenan yang di atasnya terdapat beberapa potong kentang dan tepung yang membentuk kata “Google”.

Google doodle sendiri adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang support Google. Sudah sejak cukup lama koleksi google doodle yang dimiliki Google sendiri mulai diadakan. Selain itu, juga sebagai bentuk apresiasi atau perayaan dari Google untuk tokoh atau hari tertentu dan Biasanya dipajang di halaman utama.

Hari ini Google memperingati hari ulang tahun Eva Ekeblad, seorang agronom, ilmuwan, dan bangsawan Swedia yang dikenal sebagai penemu tepung dan alkohol dari kentang pada 1746.  Ia adalah wanita pertama yang menjadi anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748, seperti dikutip dari wikipedia.

Pada tahun 1746, Ekeblad menulis untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia karena ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol dari bahan kentang.Kentang telah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658, tapi sampai saat itu hanya dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat. Karya Ekeblad mengubah kentang menjadi makanan pokok di Swedia.

Hal itu juga meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia untuk membuat roti, karena kentang dapat digunakan sebagai pengganti alkohol. Ini mengubah kebiasaan makan orang Swedia dan mengurangi tingkat kelaparan pada masyarakat

Ia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752; dia dikatakan telah mengiklankan tanaman tersebut dengan menggunakan bunganya sebagai hiasan rambut. (sp/gh)

 

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker