Guterres Menang Pilpres Timor Leste dan Ungguli 7 Kandidat Capres Lainnya

abadikini.com, DILI – Pejuang kemerdekaan Timor Leste, Francisco ‘Lu Olo’ Guterres, unggul sementara dalam pemilihan presiden di negara itu. Guterres meyakini dirinya akan memenangkan pilpres hanya dalam satu putaran.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/3/2017), Guterres unggul atas tujuh rivalnya dalam pilpres yang digelar Senin (20/3) waktu setempat.

Hasil penghitungan suara hingga Selasa (21/3/2017) sore menunjukkan, Lu-Olo mengantongi 57 persen suara sah. Ia menyingkirkan saingan utamanya, Antonio de Conceicao, seorang menteri pendidikan, yang meraih 33 persen suara.  Pilpres kali ini diikuti oleh seluruhnya delapan kandidat presiden.

Lu-Olo sudah dalam posisi aman dan nyaman karena telah meraih suara melampaui ambang (50 persen) yang diperlukan untuk mengindari terjadinya pilpres putaran kedua.

Jika hasil akhir mengkonfirmasi kemenangan Guterres alias Lu-Olo, ia akan segera diambil sumpanya sebagai presiden baru bagi negara kecil yang telah 15 tahun lepas dari kekuasaan Indonesia.

Lu-Olo berasal dari keluarga sederhana dan sama seperti warga Timor Leste lain, ia aktif terlibat dalam gerakan bersenjata untuk membebaskan Timor Leste dari kekuasaan Indonesia.

Setelah referendum tahun 1999 yang menjadi dasar kemerdekaan Timor Leste, Lu-Olo terjun di dunia politik. Ia pernah dua kali ikut dalam pilpres Timor Leste Tahun 2017 dan 2012 tapi kalah suara dari presiden saat itu, Jose Maria Vasconcelos (sl.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker