Presiden Jokowi: Tahun Lalu Pemenang Persib Bandung Sekarang Ganti Arema FC

abadikini.com, BOGOR – Arema FC merebut menyabet gelar juara Piala Presiden 2017 setelah mengalahkan Pusam Borneo FC dengan skor telak 5-1 di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Minggu, (12/3/2017) malam. Pertandingan yang disaksikan 26 ribu lebih penonton termasuk Presiden Joko Widodo itu menjadi pesta gol para pemain Arema.

Striker Arema, Cristian Gonzales kembali tampil memesona. Pemain berusia 40 tahun itu mencetak hattrick ke gawang PBFC yang dikawal Wawan Hendrawan.

Sedangkan dua gol Arema lainnya dicetak oleh Hanif Sjahbandi dan gol bunuh diri Michael Orah. Sementara PBFC hanya mampu mencetak satu gol melalui aksi Firly Apriansyah.

Permainan terbuka ditampilkan kedua klub sepanjang pertandingan. Bahkan PBFC langsung menggeber pertahanan Arema lewat serangan yang dibangun oleh Rifai Lastori dan Reinaldo Da Costa. Namun kiper Kurnia Meiga tampil apik dengan menepis dua percobaan, dari duet striker PBFC pada menit kelima itu.

Tapi justru Arema yang unggul lebih dulu melalui aksi Hanif Sjahbandi pada menit ke-29. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Wawan, Hanif dengan tenang melepaskan bola yang bersarang ke gawang PBFC. Arema unggul 1-0.

Usai rehat minum babak pertama, permainan PBFC sedikit berantakan. Terbukti terjadi kesalahpahaman antara Michael Yansen Orah dengan kiper Wawan Hendrawan yang berbuah gol, lantaran bek berusia 31 tahun itu melakukan backpass yang tak bisa digapai Wawan. Arema menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

Lini pertahanan PBFC memang benar-benar berantakan. Kehilangan Yamashita Kunihiro membuat duetnya, Dirkir Kohn Glay melakukan blunder. Keadaan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Christian Gonzales yang mencur bola liar untuk dilesakkan ke gawang Wawan pada menit ke-43.

Tertinggal tiga gol, PBFC coba keluar dari keterpurukan. Namun upaya terakhir mereka di pengujung babak pertama tak mengubah keadaan masih untuk keunggulan Arema 3-0.

Memasuki babak kedua, Arema kian membenamkan si Pesut Etam. Gonzales kembali menjadi pembobol gawang PBFC untuk membawa Arema unggul 4-0 pada menit ke-52.

Gonzales akhirnya mencetak hattrick usai mengempaskan gol kelima Arema ke gawang PBFC pada laga final ini pada menit ke-63. Hattrick ini membawa Gonzales kian jauh memimpin top skorer dengan mengoleksi 11 gol.

Sementara itu, setelah upaya mereka terus dihalau oleh mistar gawang dan permainan apik Kurnia Meiga, PBFC coba menghidupkan asa, ketika Firly Apriansyah mencetak gol pada menit ke-68. Firly mampu memanfaatkan sepak pojok untuk membuat Meiga kecewa karena gagal membawa gawangnya tak kebobolan. Skor 5-1 masih untuk keunggulan Arema.

Sayang upaya PBFC untuk bangkit mulai menyadarkan Arema untuk bisa tampil lebih hati-hati untuk menjaga keunggulan. Dan, Singo Edan akhirnya berhasil mempertahankan skor 5-1 hingga peluit akhir dibunyikan yang membuat mereka berhak mengangkat trofi Piala Presiden 2017.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung final Piala Presiden 2017 di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Pertandingan berakhir sekitar pukul 21.00 WIB, Setelah itu dilakukan pembagian medali untuk kesebelasan yang meraih juara 3, runner up, dan tentunya juara pertama.

Jokowi menyalami satu per satu para pemain yang telah mendapatkan medali di bangku VIP stadion tersebut. Kemudian Jokowi menyerahkan secara langsung Piala Presiden kepada klub pemenang kejuaraan ini, Arema FC.

“Kalau tahun lalu yang menang Persib sekarang ganti Arema,” tutur Jokowi sesaat sebelum meninggalkan stadion.

Berikut peraih penghargaan Piala Presiden 2017:

Juara: Arema FC.
Runner-up: PBFC.
Peringkat III: Persib Bandung.
Suporter terbaik: Bobotoh.
Topskorer: Cristian Gonzales (11 gol).
Pemain terbaik: Adam Alis.
Pemain muda terbaik: Febri Hariyadi.
Wasit terbaik: Musthofa Umarella.

(udin.ak).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker