Pembangunan Kereta Api Bandara Soeta Rampung Maret dan Mulai Beroperasi Juli 2017

abadikini.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II menargetkan dapat merampungkan pembangunan stasiun kereta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada akhir Maret 2017. Rencananya kereta bandara yang menghubungkan stasiun Manggarai dan stasiun di Bandara Soetta akan mulai beroperasi pada Juli 2017.

“Stasiun kereta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan selesai pada Maret 2017 atau bersamaan dengan selesainya pembangunan stasiun Skytrain.  Operasional kereta ini cukup penting guna mendukung konektivitas transportasi dari Jakarta menuju bandara atau sebaliknya untuk juga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga membantu mengurangi kepadatan lalu lintas,”” ujar Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II  dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/2/2017).

“Mobilitas penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Stasiun Manggarai di Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau sebaliknya akan lebih mudah, nyaman, dan cepat dengan kereta bandara karena waktu tempuh hanya sekitar 45 menit,” tambahnya.

Adapun kereta bandara ini akan dioperasikan oleh PT Railink yang merupakan anak usaha dari PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia. Kereta bandara ini akan mulai beroperasi pada Juli 2017 dengan enam kereta berkapasitas 272 penumpang atau dalam 1 hari dapat melayani sebanyak 35.000 penumpang. Total trek dari kereta bandara ini sejauh 36,3 km.

“Saat ini dalam 1 hari Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani penerbangan sekitar 150.000 penumpang, sehingga diperkirakan kereta bandara akan mengurangi 20-30 persen volume kendaraan umum atau pribadi yang menuju bandara,” pungkasnya. (sl.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker