Sineas Muslim Siap Sajikan Siaran Langsung Aksi 212 Besok

abadikini.com, JAKARTA – Lima puluh sineas Muslim akan menayangkan langsung siaran aksi 212 lewat Youtube dan Facebook. Siaran yang akan ditayangkan mulai pukul 07.00 WIB dapat masyarakat saksikan di saluran Sineas Muslim (Youtube) dan Sineas Muslim Bersatu (Facebook).

Ide tersebut digagas oleh Firmansyah, sutradara Ketika Mas Gagah Pergi. Dia menilai pemberitaan media mainsteam kurang berimbang terhadap pelaksanaan aksi Bela Islam I dan II.

“Mereka menggunakan frame yang kurang seimbang dan tidak menyeluruh. Untuk itu, saya menghimpun sineas Muslim untuk berkolaborasi membuat video tayangan-tayangan yang berimbang,” kata Firman, Kamis (1/12/2016).

Tayangan tersebut akan mencakup keseluruhan aksi 212. Apabila media elektronik (televisi) menggunakan satu atau dua kamera, Firman dan kawan-kawan akan menggunakan 50 kamera yang terdiri dari berbagai jenis. Selain siaran langsung, di akun tersebut mereka akan melempar sebuah video setiap jamnya. Video ini bukan tayangan langsung atau dengan kata lain rangkuman dari berbagai kamera.

Meski kegiatan ini adalah yang pertama, namun Firman yakin mampu memberikan tayangan terbaik bagi publik, khususnya mereka yang tidak dapat bergabung dalam aksi 212.

Diketahui, beberapa sineas yang sudah menyatakan akan bergabung di antaranya Dodi M Surachman, Risdo Alaro, Immanuel Paskah Jaya, Ganiyu Rijal, Dessy Nathalia Siregar, Valdy Nur Fattah, dan Fikih Septiawan.‎

“Kami juga mengajak sineas perempuan supaya nanti pada saat shalat Jumat ada yang tetap menayangkan aksi,” ujarnya.

Persiapan penayangan tersebut terhitung singkat, hanya tiga hari. Firman mengutarakan niatnya tersebut lewat pesan singkat WhatsApp. Sebenarnya masih banyak sineas lain yang ingin bergabung. Ada sekitar 100 orang, namun tidak semuanya bisa ikut lantaran faktor koordinasi. Kegiatan tersebut murni atas keinginan, biaya, dan peralatan masing-masing.

Dia berharap pada hari H, para sineas mampu memberikan gambaran secara lengkap, komplet dan berimbang, dan apa yang menjadi tuntutan aksi para ulama bisa segera dilaksanakan oleh penegak hukum. (asp.kb)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker