Dicky Candranegara : Kewajiban Negara Kembangkan Pabrik Tenun Bersejarah PKKT

abadikini.com – TASIKMALAYA – Bakal Calon Walikota Kota Tasikmalaya Dicky Candranegara mengunjungi Pabrik Tenun di Pusat Koperasi Kota/Kabupaten Kota Tasikmalaya (PKKT) yang sudah berdiri sejak tahun 1947 an di jalan Moh Hatta, Kecamatan Cipedes, Selasa (18/10/2016)

Kedatangan mantan Wali Bupati Kabupaten Garut tersebut, sebagai upaya mendengarkan sapirasi dan mencari solusi dalam memajukan pabrik bersejarah itu.

Dicky menjelaskan, keberadaan Industri Tenun Kota Tasikmalaya ini, dimana dilokasi yang sama berdasarkan sejarahnya  kongres Koperasi Indonesia tahun 1947 diselenggarakan, namun saat ini gedung yang pernah mencacat sejarah sebagai bangunan yang digunakan Kongres Kopreasi tersebut sama sekali tidak terawat dengan baik dan dia sangat perihatin akan kondisinya.

“Saya prihatin dengan kondisi pabrik tenun yang mempunyai sejarah ini, kedepan saya memikirkan bagaimana koperasi ini bisa berkembang kembali, ujarnya

Menurut Dicky, pabrik tenun tersebut sangat luar biasa dengan masih menggunakan peralatan yang dibuat pada tahun 1950 an.

“sudah saatnya memperhatikan sejarah, karena tidak akan maju suatu daerah kalau perjuangan sejarah tidak dihargai” terangnya

Dicky menambahkan, siapapun nanti yang akan menjadi pemimin di kota tasikmalaya harus ada perhatian terhadap sektor industri dan koperasi, jangan hanya Cuma gaung konsep saja tapi harus ada realisasi di masyarakat. “karena industry dan koperasi yang seperti inilah wajib dan layak mendapatkan bantuan dari negara melalui pemerintah kota. Tegasnya (sp.ak)

Baca Juga

Back to top button