Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas

abadikini.com, MALANG – Gunung Semeru menunjukkan aktifitasnya dengan memuntahkan awan panas sejauh 5 kilometer mengarah ke selatan yaitu ke sungai Besuk Kembar dan Kobokan di wilayah Lumajang.

Awan panas terjadi selama 30 menit dan tidak membahayakan permukiman warga. “Sekitar kurang lebih 30 menit,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utaro, Sabtu (13/2/2016).

Ayu menambahkan, kondisi Gunung Semeru telah beransur normal kembali pasca muntahan awan panas tersebut. “Sekarang sudah normal, cuma 30 menit saja,” tambah Ayu.

Lanjut Ayu, awan panas itu mengarah ke dua sungai yakni Besuk Kembar dan Kobokan. Karena itu, muntahan awan panas masih belum membahayakan warga yang tinggal di lereng Gunung Semeru. “Jalurnya ke sungai, masih jauh dari permukiman,” ujar Ayu.

Ayu mengatakan bahwa yang terjadi bukanlah erupsi dan status Gunung Semeru tetap waspada. “Bukan erupsi tetapi guguran awan panas sesuai dari pos pengamatan di Gunung Sawur pagi tadi sekitar pukul 06.02,” sambunya.

Ayu menjelaskan awan panas berpusat di puncak lidah lava yang artinya tidak sampai berdampak ke permukiman penduduk. “Tidak juga ada kerugian, karena lokasinya jauh dari permukiman,” jelasnya. (mono.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker