Dirut. PT. Transjakarta Dicopot

abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencopot Dirut PT Transjakarta Antonius Kosasih dan menunjuk Budi Kaliwono sebagai penggantinya. “Saya pikir sudah hampir dua tahun dia tidak mengerti yang saya mau,” katanya di Gedung Balai Kota, Jakarta, Kamis, (7/1/2016).

Ahok membeberkan rentetan kesalahan Kosasih yang membuatnya tak bisa bersabar lebih lama. Menurut Ahok, sedari awal permasalahan bus di Jakarta sudah jelas, yaitu kekurangan jumlah bus, pelayanan bus dan jadwal bus yang tidak menentu, sehingga sulit tepat waktu. Oleh karena itu, dia membentuk PT Transjakarta untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Saya sudah pelajari apa kelemahan sistem bus rapid transit, sampai akhirnya kenapa kok busway sudah ada, tapi orang nggak mau pindah naik busway,” kata Ahok.

Justru masyarakat masih saja lebih suka naik bus umum non-Transjakarta, padahal kondisi bus buruk. “Bus-bus umum itu juga tidak mau memperbaiki diri karena memang kami tidak menguasai mereka,” ucap Ahok. Dia menjelaskan, Transjakarta didirikan untuk menaungi operator-operator bus umum swasta itu.

Seluruh operator diharapkan dapat berintegrasi dengan Transjakarta. Karena selama ini operator bus swastalah yang menguasai rute-rute di Ibu Kota. “Maksudnya biar nggak beda sama operator swasta, kami akan tawarin anda ikut. Kita nggak bersaing sampai bangkrut. Jadi, konglomerat baik hati,” ungkap Ahok.

Ahok menilai Kosasih gagal melakukan integrasi itu. Terlebih, pengadaam bus baru, seperti yang ditargetkan 1.000 bus di 2015, juga tidak berhasil terpenuhi. “Beli bus juga nggak, padahal 2 tahun itu lama loh,” kata dia. Kosasih menurut Ahok juga seringkali mencari alasan sebagai dalih kegagalannya menyediakan transportasi bus yang layak.

Ngeles soal rute, padahal itu kan kita yang tanganin, diminta panggil swasta bayar rupiah per kilometer juga bilangnya kita harus beli sendiri, kalau orang yang kerjain susah,” ujarnya. (asep.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker