Gerindra Jaring Calon Gubernur DKI Jakarta Untuk Pilkada 2017

abadikini.com, JAKARTA – Partai Gerindra sedang mempertimbangkan 8 nama untuk jadi calon Gubernur DKI penantang  incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Nanti pada akhirnya, Ketum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto yang akan memutuskan tokoh yang diusung partai berlambang Gerindra itu, tentu dengan mempertimbangkan aspirasi kader.

“Ya, 8 nama itu aspirasi yang datang dari PAC, DPC, dan DPD. DPP menghormati nama-nama tersebut, karena nama-nama itu, untuk mengambil satu dari sekian banyak nama itu, ada di Ketua Dewan Pembina, dalam hal ini Pak Prabowo,” kata Muzani di sela Konsolidasi Penjaringan Cagub DKI di GOR Senen, Jakarta, Minggu (27/12/2015).

Terkait waktu pengambilan keputusan, dia menekankan Prabowo Subianto akan memutuskan dengan pertimbangan yang sesuai. Misalnya, ia mencontohkan Pilkada DKI 2012 yang menjadi pertarungan antara Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dengan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Meski saat itu pasangan Foke dan Nachrowi diusung parpol kuat, tapi Gerindra punya pertimbangan menjatuhkan pilihan Jokowi-Ahok.

“Ketika itu pasangan Foke sangat kuat kemudian Pak Prabowo mengambil keputusan mematangkan Pak Jokowi-Ahok pada detik-detik terakhir, dan akhirnya pasangan ini berhasil menang Pilkada DKI 2012,” kata Muzani.

Lanjut Muzani, dalam penjaringan nama bakal cagub DKI dari Gerindra, kader berhak mengusulkan dan diajukan ke Ketua Dewan Pembina. Nama-nama itu kemudian akan dipertimbangkan dan diputuskan.

“Kami berharap teman-teman (DPD) DKI ini sabar dan memahami mekanisme yang berlaku di aturan partai kami. Jadi, temen-teman nanti akan mengusulkan dan diajukan ke Ketua Dewan Pembina sebagai nama-nama yang dipertimbangkan,” sebut Ketua Fraksi Gerindra di DPR itu.

Muzani mengisyaratkan keputusan bakal calon Gubernur DKI ini akan ditentukan sebelum pendaftaran di KPUD.

“Kalau lihat jadwal KPU, bulan Juli harus sudah masuk tentu sebelum itu. (Target) sebelum pendaftaran di KPU,” ujarnya.

Sebelumnya, sudah ada delapan nama bakal calon sementara dari Gerindra yaitu Ketua DPD DKI Gerindra M Taufik, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Ketua Komisi D DPRD DKI Muhammad Sanusi, Mantan Pangdam Jaya Mayjen (Purn) Sjafrie Syamsudin, Anggota Dewan Pembina Gerindra Sandiaga S. Uno, Anggota DPR Biem Benyamin, dan Sekda Provinsi DKI Saefullah. Nama ini masih sementara, dan kemungkinan masih bisa berubah.

“Ini nama-nama masih usulan. Suara kader ingin delapan nama ini. Tapi, masih bisa berubah,” ungkapnya. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker