Gempa 6,1 SR Guncang Kalimantan Utara

abadikini.com, BULUNGAN – Gempa bumi berkekuatan M 6,1, Senin (21/12/2015) guncang sebagian besar wilayah Kalimantan Utara, seperti Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Bulungan sekitar pukul 02.47 Wita. Gempa bumi dengan sumber dangkal ini menyebabkan kerusakan rumah dan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.

Gempa bumi ini terletak pada koordinat 3,61 Lintang Utara dan 117,67 Bujur Timur, tepatnya pada jarak 29 kilometer arah timur laut Kota Tarakan. Sementara kedalaman hiposenter hanya sekitar 10 kilometer sehingga digolongkan sebagai gempa dangkal.
Dangkalnya sumber gempa menyebabkan guncangan terasa cukup kuat. Misalnya, di Tarakan dan Nunukan kekuatan yang dirasakan sebesar IV-V MMI (Modified Mercally Intensity) dan di Tanjung Selor III-IV MMI. “Hingga saat ini gempa bumi susulan terus terjadi,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, guncangan gempa bumi yang dirasakan cukup kuat mengakibatkan kepanikan warga pinggir pantai karena khawatir akan ada tsunami. Namun, gempa ini dipastikan tidak memicu tsunami karena pusatnya di daratan.

Sutopo menambahkan, sekalipun belum ada laporan korban jiwa, gempa ini menyebabkan sejumlah kerusakan bangunan. Misalnya, di Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan Tengah, terdata ada dua rumah rusak berat. Sementara di Kelurahan Juata Kerikil terdapat empat rumah rusak. Di Kelurahan Juata Laut terdapat satu rumah yang tengah dibangun mengalami kerusakan parah.

Daryono mengatakan, gempa bumi di Tarakan ini merupakan gempa bumi kerak dangkal (shallow crustal earthquake) jenis intraplate akibat aktivitas sesar aktif. “Dari hasil analisis mekanismenya, sumber gempa bumi ini merupakan patahan mendatar (strike-slip fault),” ungkapnya.

Menurut Daryono, Pulau Kalimantan sebenarnya paling aman gempa bumi dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Namun, itu bukan berarti pulau ini sama sekali aman dari gempa. Khusus untuk kawasan Nunukan-Tarakan, kawasan ini merupakan yang paling rentan gempa di Kalimantan karena secara geologis diapit beberapa struktur sesar mendatar aktif. (andi.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker