Gempa Berkekuatan 6,0 SR Hantam Madina

Kamarberita.com, PANYABUNGAN – Gempa Bumi mengguncang kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara pada, Minggu 08.11/2015, Pukul 16:34:57 WIB diperkirakan tidak ada korban jiwa.

“Korban jiwa dan kerugian material nihil. Kronologis gempa terjadi dengan kekuatan 6.0 SR dikedalaman 96 KM, lokasi : 0.57 LU, 98.71 BT,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Minggu (8/11/2015).

Menurut Sutopo, gempa terasa kuat di Kabupaten Mandailing Natal selama 5 detik dan masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Sampai saat ini belum ada dampak kerusakan.

“Gempa terasa cukup kuat di Kabupaten Nias Selatan kurang lebih 5 detik. Masyarakat sempat panik dan belum ada dampak kerusakan,” jelasnya.

Pusat gempa, lanjut Sutopo, berada di laut. Ia menyatakan jika gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa kali ini juga dirasakan oleh masyarakat di Sumutara Utara dan Sumatera Barat.

“Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan,” jelasnya.

Sampai saat ini, Posko BNPB masih terus melakukan komunikasi dengan BPBD setempat untuk memperoleh laporan. Petus BPBD masih melakukan pendataan di lapangan. (udin.kb)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker