RI-Spanyol Kerjasama Tanggulangi Teroris

abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol sepakat untuk meningkatkan kerjasama bilateral dalam bidang penanggulangan terorisme.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Penanggulangan Terorisme berlangsung di Centro de Inteligencia contra el Terrorismo y el Crimen Organizado/CITCO (Pusat Intelijen Penanggulangan Terorisme dan Kejahatan Terorganisir), Madrid (20 Oktober 2015).

Pihak Indonesia diwakili oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Saud Usman Nasution dan pihak Spanyol Sekretaris Negara Bidang Keamanan Kerajaan Francisco Martínez Vazquez .

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dinilai merupakan dasar hukum strategis, karena membuka bidang kerjasama bilateral baru dalam memerangi terorisme dan kekerasan radikalisme.

Disepakati antara lain kerjasama dalam hal saling bertukar informasi intelijen dan informasi strategis terkait organisasi teroris dan kecenderungan kejahatan yang berkembang di kedua negara.

Kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama antara aparat keamanan dan penegak hukum kedua negara dan saling bertukar pengalaman dalam penanggulangan terorisme dan kekerasan radikalisme.
Sekretaris Negara Francisco Martinez Vazquez dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa terorisme merupakan musuh masyarakat internasional karena telah menyengsarakan korban tak berdosa.

“Seluruh masyarakat internasional mempunyai tanggung jawab untuk menghadapinya,” ujar Vazquez.

Menurut Vazquez, Spanyol dan Indonesia sebagai anggota masyarakat internasional yang mempunyai komitmen tinggi dan berpengalaman dalam penggulangan terorisme melalui kerjasama bilateral ini akan memberikan kontribusi lebih besar bagi upaya internasional dalam penanggulangan terorisme. (jhon.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker