Teliti Parasit Cacing Dapat Hadiah Nobel

abadikini.com, STOCKOLM – Majelis Nobel di Karolinska Institute, Solna, Swedia, mengumumkan penghargaan Nobel Kedokteran. Ilmuwan dari Irlandia, Jepang dan Cina memenangkan Hadiah Nobel di bidang kedokteran pada Senin (5/10).

Nobel tersebut untuk penemuan mereka yang membantu dokter memerangi malaria dan infeksi yang disebabkan parasit cacing gelang.

Majelis hakim Nobel di Stockholm menganugerahi hadiah bergengsi untuk William Campbell, Satoshi Omura dan Tu Youyou. Campbell dan Omura menemukan obat yang telah membantu menurunkan kejadian kebutaan dan filariasis limfatik, dua penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit.

Sedangkan Tu Youyu menemukan obat yang telah membantu secara signifikan mengurangi angka kematian pasien malaria. “Kedua penemuan telah memberikan cara baru untuk memerangi penyakit ini,” kata panitia.

Penemuan ini akan mempengaruhi ratusan juta orang setiap tahunnya. Campbell adalah peneliti emeritus di Drew University di Madison, New Jersey. Omura (80 tahun) adalah seorang profesor emeritus di Universitas Kitasato di Jepang dan dari prefektur pusat Yamanashi. Sementara Tu adalah kepala profesor di Akademi Pengobatan Tradisional Cina.

Penghargaan di bidang medis ini adalah yang Hadiah Nobel pertama yang diumumkan. Para pemenang dari Nobel fisika, kimia dan perdamaian ditetapkan akhir pekan ini. Selain itu, penghargaan bidang ekonomi akan diumumkan Senin depan. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker