Bukan Hoax, Nonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan

abadikini.com, JAKARTA- Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Westminster pada 2012. Mereka mencoba penelitian ini kepada sepuluh partisipan yang diharuskan menonton film horor. Pada saat percobaan berlangsung, mereka mengobservasi detak jantung, oksigen yang dihirup, serta mengeluarkan karbon dioksida.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa film horor yang juga bergenre thriller berjudul The Shining menempati urutan tertinggi dalam membakar kalori. Partisipan yang menyaksikan film tersebut telah membakar 184 kalori atau setara dengan berjalan selama 40 menit.

Dalam urutan kedua terdapat film Jaws yang dapat membakar 161 kalori. Kemudian film The Exorcist berada di posisi ketiga yang bisamembakar 158 kalori. Ada juga film Alien yang diperkirakan dapat membakar 152 kalori dan film Sawdapat membakar 133 kalori partisipan dalam penelitian.

Film-film tersebut masuk ke dalam lima besar daftar film yang banyak membakar kalori dalam penelitian.

Para peneliti sengaja memilih film-film horor tersebut agar dapat melonjakan rasa takut dan berdebarnya jantung.

“Darah di nadi yang semakin kencang dan jantung yang memompa darah dengan cepat ke seluruh tubuh dapat memicu adrenalin,” kata Dr Richard MacKenzie, tim peneliti sekaligus pengajar senior di Universitas Westminster.

Menurut Mackenzie, stimulasi adrenalin pada tubuh dapat menghasilkan rasa stres karena merasa takut dan akhirnya menurunkan nafsu makan kita. Di saat itu juga metabolisme pada tubuh berada pada tingkat yang tinggi sehingga terdapat kemungkinan terjadinya pembakaran kalori.

Selain itu, film horor ternyata juga baik untuk kesehatan psikologi, yakni dengan memberikanmu perasaan yang lebih baik.

“Bedasarkan penelitian kami, adanya stimulasi perasaan negatif dari film horor dapat meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik,” kata Marge Keer, seorang sosiologis, melansir The Hook, Minggu (5/11/2017).

Pengalaman menakutkan setelah menonton film horor dapat mengurangi rasa cemas dan stres yang kita alami sehingga kita menjadi lebih bahagia. Jika kamu ingin membuat perasaanmu lebih baik sekaligus menurunkan berat badan, mungkin menonton film horor juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker