Ternyata Negara Tetangga Tertarik Loh Tiru Model Pendidikan Madrasah di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Model pendidikan madrasah yang diterapkan di Indonesia telah menarik perhatian, bahkan hendak ditiru negara lain. Salah satunya adalah negara tetangga Filipina dan Thailand.

Madrasah merupakan model pendidikan khas yang hanya ada di Indonesia. Model pembelajaran ini memadukan 100 persen pengetahuan umum dan 100 persen pendidikan agama Islam.

“Teman-teman dari Filipina dan Thailand sudah pernah datang ke sini untuk mengetahui tentang bagaimana pengelolaan Pendidikan Islam yang telah terselenggara di Indonesia,” tutur
Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Februari 2020.

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang memiliki lembaga pendidikan Islam terbesar di dunia. “Dan madrasah di Indonesia adalah salah satu yang termodern di dunia,” paparnya.

Hal ini, menurut Kamaruddin, yang kemudian membuat negara lain seperti Thailand dan Filipina ingin belajar tentang pengelolaan pendidikan islam di Indonesia. “Bahkan Filipina akan mengadopsi seratus persen pola pendidikan di madrasah, untuk diterapkan di sana,” tutur Kamaruddin.

“Dalam waktu dekat, kami akan diundang ke sana (Filipina) untuk menyampaikan secara teknis, bagaiamana pengelolaan madrasah di Indonesia,” imbuhnya.

Sumber Berita
medcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker