Soal Info Banjir, Jokowi Serukan Hendaknya Masyarakat Bentuk Grup WA

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar masyarakat membentuk grup komunikasi, di antaranya lewat aplikasi WhatsApp (WA) selama penanggulangan bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jabodetabek.

“Tujuannya, agar perbaharuan dan penyebaran informasi soal banjir bisa didapat dengan cepat,” ujar Jokowi dalam konferensi pers yang dilakukan usai rapat terbatas dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju. Sabtu, (04/1/2020).

Tak hanya itu, Jokowi juga mengimbau masyarakat bisa mewaspadai daerah pemukimannya masing-masing. Khususnya, yang semula merupakan daerah resapan air dan berada di dataran rendah.

Pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan curah hujan masih akan tinggi setidaknya hingga Februari-Maret 2020. Bahkan, curah hujan tinggi diprediksi akan kembali dirasakan kurun waktu dua pekan ke depan.

Selain itu, para kepala daerah juga diimbau agar tidak ragu mengubah status suatu kawasan menjadi darurat bencana bila memang terdampak parah. Tujuannya, agar bantuan bisa segera diprioritaskan untuk daerah darurat bencana lebih dulu.

Sebagai informasi, banjir di Jakarta dan sekitarnya terjadi setelah curah hujan tinggi sejak Selasa (31/12/2019) siang hingga Rabu (01/01/2020).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker