Pohon Tertinggi di Amazon Selamat dari Amukan Api

Abadikini.com, JAKARTA – muwan Inggris dan Brasil memastikan pohon tertinggi yang menghuni hutan Amazon, Dinizia excels selamat dari kebakaran hutan yang terjadi selama beberapa pekan.

Para ilmuwan mengatakan penemuan spesies pohon raksasa ini dilakukan dengan menggunakan sensor aerial yang ditempatkan di atas hutan Amazon negara bagian Peru.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Federal Valleys Jequitinhonha, Universitas Cambridge Inggris, dan Universitas Swansea pada Agustus lalu menemukan area hutan lindung bagi spesies Dinizia excelsa. Area tersebut diketahui berada di luar area yang terimbas kebakaran hutan.

Spesies pohon raksasa penghuni Amazon ini bisa tumbuh hingga ketinggian 88 meter dan diameter kayu hingga 5,5 meter. Pada umumnya Dinizia excelsa hanya tumbuh hingga ketinggian 60 meter.

“Kami memiliki penemuan hebat di sini dan sekarang berkomitmen untuk melestarikan pohon terbesar di Amazon,” ungkap koordinator penelitian, Eric Bastos.

Dilaporkan AFP seperti dilansir Abadikini dari CNN, Ahad (8/9) Dinizia exelsa atau yang umum disebut Angelim vermelho ini memiliki warna yang merah kecoklatan. Semakin tua, pohon ini akan semakin gelap warnanya.

Kayunya cukup keras dan kuat sehingga seringkali dimanfaatkan untuk material pembuatan kapal, demaga, dan lantai. Baunya cukup menyengat terutama saat sedang diolah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker