Provinsinya Masih di Kaji, Jokowi Pastikan Pemindahan Ibukota ke Kalimantan

Abadikini.com, JAKARTA- Pemerintah telah memutuskan pemindahan Ibu Kota akan dilakukan di Kalimantan. Namun, lokasi pastinya Ibu Kota baru tersebut masih menunggu sejumlah kajian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pengalaman negara lain dalam memindahkan Ibu Kota menjadi rujukan. Pemindahan Ibu Kota juga harus melihat visi pembangunan Indonesia dalam 100 tahun ke depan.

“Kita memutuskan ini, saya memutuskan nantinya bukan sebagai kepala pemerintahan tapi kepala negara, kita harus lihat visi besar 5 sampai 100 tahun yang akan datang dalam kita berbangsa dan bernegara,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Jokowi ingin pengalaman negara lain pindahkan Ibu Kota bisa dipelajari seperti faktor apa yang akan menjadi hambatannya. Sehingga, pemerintah bisa melakukan antisipasi sedini mungkin.

“Sebaliknya faktor kunci keberhasilan kita adopsi, kita ambil!,” ujarnya.

Kepala Negara memastikan pemerintah juga telah mulai menyiapkan payung hukum hingga skema pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan non APBN dalam pemindahan Ibu Kota dari Jakarta tersebut.

“Desain kelembagaan yang diberikan otoritas dan yang paling penting payung hukum regulasi untuk pemindahan Ibu Kota ini,” ujarnya.

Okezone

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker