Penemu Kalkulator Meninggal Dunia

Abadikini.com – Salah satu penemu kalkulator elektronik, Jerry Merryman, tutup usia di usia 86 tahun. Ia meninggal di sebuah rumah sakit di Dallas, Texas, karena komplikasi gagal ginjal dan jantung. Dirinya sudah dirawat sejak akhir Desember lalu.

Dilansir dari Dallas News, Kamis, (7/3/2019), Merryman adalah satu dari tiga pria penemu kalkulator, saat dirinya bekerja di Texas Instruments. Tim ini dipimpin oleh Jack Kilby, dan anggota lainnya adalah James Van Tassel. Prototipe yang mereka buat saat ini ada di Smithsonian Institution, Amerika Serikat.

“Jerry Merryman adalah orang paling cerdas, yang pernah saya temui. Dia memiliki ingatan yang luar biasa, dan dia memiliki kemampuan untuk mendapatkan formula, informasi, di hampir semua subjek, ” kata mantan koleganya, Vernon Porter.

Merryman pernah bercerita, di akhir 1965, Kilby mencetuskan ide soal kalkulator. Ia kemudian memanggil beberapa stafnya, dan mengatakan ingin memiliki perangkat komputasi sekecil buku di tangannya.

“Saya pikir kami hanya membuat kalkulator, tetapi kami menciptakan revolusi elektronik,” ujarnya.

Merryman lahir di Hearne, Texas pada 17 Juni 1932. Di usia 11 tahun, Merryman menjadi tukang reparasi radio di kota kelahiran. Dia juga pernah mengenyam pendidikan di Texas A&M University, namun tidak selesai.

Editor
Nabila Sarah
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker