Mitigasi Bencana, Apa Saja Isi Tas Siaga?

Abadikini.com, JAKARTA –  Indonesia merupakan daerah pertemuan tiga lempengan tektonik besar di dunia dan terletak di jalur rangkaian gunung api paling aktif di dunia yang menyebabkan rawan bencana. Untuk memaksimalkan mitigasi bencana, setiap keluarga diharuskan memiliki tas siaga.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, tas siaga berisi perlengkapan bertahan hidup yang dapat menjadi penunjang hidup selama tiga hari pertama kondisi darurat sampai pertolongan datang. “Saat ada bencana, tas itu bisa langsung dibawa,” kata dia. Tas siaga paling baik merupakan tas ransel yang tahan terhadap air, dan untuk berjaga-jaga, barang darurat ini dapat dilapisi dulu dengan plastik sebelum dimasukkan ke dalam ransel sebagai mana dikutip dari Tempo.co.

Apa saja isi tas siaga tersebut?

1. P3K dan obat-obatan pribadi
Bawa kotak P3K yang berisi obat-obatan dan pendukungnya, jangan lupa untuk secara berkala mengecek obat-obatan pribadi yang dapat ditaruh ke dalam tas siaga.

2. Masker anti debu
Bawa masker anti debu atau alat bantu pernapasan lainnya yang dapat menyaring udara kotor.

3. Pakaian dan alat sanitasi minimal
Taruh pakaian untuk kondisi pascabencana secukupnya beserta perlengkapan sanitasi ringan seperti tisu basah, tisu kering, kanebo, detergen cair, dan sebagainya.

4. Alat penerangan
Bawa senter dan cadangan baterainya, alat ini akan berguna untuk kondisi pascabencana yang biasanya gelap karena putusnya jaringan listrik. Bawa juga lilin, korek api, dan lampu kepala untuk berjaga-jaga.

5. Uang tunai
Siapkan uang tunai secukupnya untuk bekal selama setidaknya tiga hari.

6. Air minum
Siapkan air minum untuk keperluan minum dan sanitasi ringan untuk keperluan pascabencana selama minimal tiga hari. Cek secara berkala supaya air yang dibawa kelak ketika terjadi bencana, masih layak digunakan.

7. Makanan awet dan peralatan makan minimal
Taruh makanan awetan berprotein tinggi siap saji yang cukup untuk minimal tiga hari dalam kondisi pascabencana. Jangan lupa dicek secara berkala agar kita tidak membawa makanan yang sudah kedaluwarsa. Bawa pula pisau lipat, dan peralatan makan minimal seperti piring, sendok, dan garpu.

8. Alat komunikasi
Siapkan radio portable, ponsel, atau alat komunikasi darurat lainnya beserta baterai cadangannya.
9. Peluit

Peluit dapat kita andalkan dalam kondisi sangat darurat, misalnya memberi tanda mengenai keberadaan kita.

10. Dokumen penting
Simpan dokumen penting dan dokumen fotocopy dalam satu map plastik.

11. Perlengkapan khusus
Siapkan barang-barang kebutuhan khusus untuk bayi, perempuan, dan lansia, seperti bubur bayi, popok, pembalut menstruasi, popok lansia.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker