Ruksamin Resmikan Mushollah dan Islamic Character Learning Centre FTI UMI Makassar

Abadikini.com, MAKASSAR – Mushola Al Muhandis sekaligus Islamic Character Learning Center di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) akhirnya diresmikan, Kamis (7/4/2022) sore.

Bangunan mushola berada di kompleks kampus FTI UMI, Jl Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dekan FTI UMI, Dr Ir Zakir Sabara H Watan menyampaikan ihwal pembangunan mushola tersebut berawal dari peringatan Isra Miraj yang digelar IKA FTI UMI Region Sultra, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (3/3/2022) lalu.

Saat itu, Zakir Sabara H Wata hadir atas undangan Ketua IKA FTI UMI Region Sultra, Dr Ir Ruksamin ASEAN Eng.

Di sela acara, Ruksamin bertanya kepada Zakir Sabara H Wata, “Karena Pak Dekan jabatannya akan segera berakhir, apa yang bisa disumbangkan untuk FTI, yang bermanfaat untuk dunia akhirat?”

Namun, pertanyaan itu tak langsung dijawab.

Tak lama kemudian, Zakir Sabara H Wata mengusulkan jika paling tepat adalah mushola.

“Saya bilang mushola, tapi saya main-main karena saya berpikir mana bisa bangun mushola dalam 1 bulan,” tutur Zakir Sabara H Wata menceritakan.

Ruksamin kemudian menimpali, “Itu juga yang ada dalam pikiran saya.” ungkap Zakir seperti dilansir Tribun Timur

Zakir Sabara H Wata kemudian pulang ke Makassar keesokan harinya dan langsung meminta dibuat gambar desain Musala dan Islamic Character Learning Center Al Muhandis.

Selanjutnya diperlihatkan kepada Ruksamin. Rupanya langsung disetujui tanpa koreksi sedikit pun. Hanya dalam tempo selang 11 hari setelah Isra Miraj, ide diungkapkan, akhirnya peletakan batu pertama dilakukan, Senin (14/3/2022).

Seremoni peletakan batu pertama Al Muhandis terbilang sangat spesial sebab bertepatan dengan hari ini ulang tahun ke-49 Ruksamin.

Pembangunan mushola pun dikebut hingga akhirnya bisa selesai dalam kurun waktu 25 hari. Seluruh biaya pembangunaan ditanggung IKA FTI UMI Region Sultra senilai Rp 150 juta.

Zakir Sabara H wata menyebut jika Ruksamin terus mengawal pembangunan mushola hingga selesai. Dia menginstruksikan agar segera diadakan apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembangunan.

Sebagai mana diketahui, terdapat sejumlah alumni FTI UMI menduduki jabatan strategis di pemerintahan daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara. Satu di antaranya adalah Bupati Konawe Utara, Ruksamin. Lainnya, menduduki jabatan kepala perangkat daerah, di eselon II dan III.

Hal ini diungkapkan Ruksamin sekaligus Ketua IKA FTI UMI Region Sultra.

“Alhamdulillah ini sebuah kebanggaan,” kata Ruksamin saat menyampaikan kata sambutan pada peresmian Mushola Al Muhandis FTI UMI, di kampus FTI UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel, Kamis (7/4/2022).

Pada kesempatan itu, Ruksamin yang juga Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra itu memperkenalkan para alumni FTI UMI yang menduduki jabatan strategis di Sultra, khususnya di Pemkab Konawe Utara. Dia memboyong pejabatnya datang ke Makassar.

Ruksamin merasa bangga karena profesi insinyur pertama dirinya di Indonesia lahir dari Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar). Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Dekan FTI UMI Zakir.

“Profesi Insinyur Pertama saya di Indonesia lahir di Kampus ini saya patut berbangga dan berbakti terlebih lagi di penghujung jabatan Dekan FTI UMI bapak Dr.Zakkir Sabara yang banyak memberikan perubahan di Fakultas Tehnik Industri patut untuk di Apresiasi,” kata Ruksamin.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker