Trending Topik

Profil Shin Tae-yong, Pelatih Yang Pernah Tangani Korsel di Piala Dunia 2018 Saat Kalahkan Jerman

Abadikini.com, JAKARTA – Keberhasilan Timnas Indonesia saat ini menembus final Piala AFF 2020 tidak terlepas dari sosok pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong.

Pelatih yang dikenal memiliki berbagai macam strategi dan taktik di lapangan tersebut memang awal kehadirannya di Indonesia sempat diragukan lantaran banyak berbagai kritik dialamatkan kepadanya karena Shin Tae-yong lebih mementingkan fisik pemain untuk bermain.

Sempat Konflik dengan PSSI dan Indra Sjafri

Mengutip bola.com, Minggu (26/12/2021), ketika baru menjabat

sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah berkonflik dengan PSSI.

Semua bermula dari curhatan Shin Tae-yong ke media Korea Selatan, Joins, saat ia masih berada di kampung halamannya. Petinggi PSSI tidak terima dengan pengakuan Shin Tae-yong tersebut.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, begitu vokal dengan Shin Tae-yong dan melancarkan balik sembari membuka borok sang pelatih.

Untungnya, perang dingin Shin Tae-yong dan PSSI berakhir manis. Kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai.

Shin Tae-yong juga sepakat untuk kembali ke Indonesia dan menangani Timnas Indonesia dan U-19 pada akhir Juli 2020. Dia telah memimpin latihan pertamanya pada Jumat (7/8/2020).

Melatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 di Rusia

Pada kancah Piala Dunia 2018 di Rusia Shin Tae-yong menangani Timnas Korea Selatan.

Transfermarkt merangkum, Shin Tae-yong memimpin Timnas Korea Selatan dalam 24 pertandingan, baik sebagai pelatih atau pun caretaker sejak 2014-2018.

Hasilnya buruk bagi Shin Tae-yong. Jumlah kemenangan yang diraihnya lebih sedikit dibanding kekalahan.

Shin Tae-yong meraih delapan kemenangan, tujuh imbang, dan sembilan kekalahan semasa masih menjadi nakhoda Son Heung-min dan kawan-kawan.

Di Piala Dunia 2018, Timnas Korea Selatan polesan Shin Tae-yong langsung tersingkir di babak penyisihan. Namun, pelatih berusia 51 tahun itu mampu menorehkan kenangan manis dengan mengalahkan Jerman, yang notabene juara bertahan, dengan skor 2-0.

Dengan begitu rasanya cukup memberikan suatu kebanggaan saat ini pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang berlaga di Piala AFF 2020 pernah berpengalaman merasakan atmosfer Piala Dunia 2018 di Rusia. Semoga harapan kedepan Coach Shin Tae-yong dapat membawa pasukan Garuda merasakan Piala Dunia. Kita doakan saja ya guys.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker