SpaceX Bawa Semut ke Luar Angkasa

Abadikini.com, JAKARTA – Roket milik SpaceX kembali melesat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). dari Kennedy Space Center NASA pada Minggu (29/8). Pesawat luar angkasa milik Elon Musk itu membawa semut, alpukat dan lengan robot seukuran manusia menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Melansir situs NASA, pengiriman yang dijadwalkan tiba pada hari Senin (30/8) merupakan misi ke 23 dari SpaceX untuk NASA. Dalam misi ini NASA menggunakan roket daur ulang Falcon milik SpaceX.

Ini merupakan percobaan peluncuran kedua, yang sebelumnya dijadwalkan meluncur pada Sabtu (28/8). Penerbangan terpaksa ditunda lantaran terjadi badai.

Setelah mengangkat kapsul Dragon, booster tahap pertama mendarat tegak di platform laut terbaru SpaceX, bernama ‘A Shortfall of Gravitas’.

Pendiri SpaceX, Elon Musk, melanjutkan tradisinya dalam menamai kapal booster-recovery sebagai penghormatan kepada mendiang penulis fiksi ilmiah Iain Banks dan seri Culture.

Dikutip NY Post, Dragon membawa lebih dari 2.170 kilogram yang termasuk persediaan dan benda untuk eksperimen. Selain itu, Dragon juga membawa stok makanan segar untuk ketujuh astronaut di ISS di antaranya alpukat, lemon, dan eskrim.

Girl Scouts mengirimkan semut, udang air asin, dan tanaman sebagai subjek uji. Sementara ilmuwan University of Wisconsin-Madison mengirimkan benih selada, rumput liar berbunga kecil yang digunakan dalam penelitian genetik, sample beton, sel surya dan bahan lainnya.

Sementara itu, lengan robot eksperimental perusahaan start-up asal Jepang akan mencoba menyatukan item dalam debut orbitnya, dan melakukan tugas-tugas lain yang biasanya dilakukan oleh astronaut.
Chief technology officer Toyotaka Kozuki, mengatakan bahwa tes pertama lengan robot itu akan dilakukan di dalam ISS. Model masa depan robot Gitai Inc akan menjelajah ke ruang hampa untuk memperbaiki satelit dan pekerjaan lain.

Pada awal 2025, nantinya diharapkan robot dapat dilibatkan membantu membangun pangkalan Bulan dan menambang bulan untuk diolah menjadikan sumber daya berharga, menurut laporan India Today.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker