Dikunjungi Ketua DPD RI, Raja Kupang Titip Pesan Ini untuk Presiden Jokowi

Abadikini.com, KUPANG – Sambutan hangat diterima Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, saat tiba di Istana atau Sonaf Nisnoni, Nusa Tenggara Timur, Minggu (29/8/2021) siang. Oleh pihak istana, LaNyalla diterima sebagai anggota keluarga.

Kehadiran LaNyalla bersama sejumlah senator, disambut suka cita Raja Kupang Leopold Nicholaas Nisnoni. Ia bahkan tak ragu untuk mencurahkan aspirasinya kepada Ketua DPD RI.

“Dewan Kerajaan Kupang ingin menyampaikan kepada Ketua DPD RI agar kiranya dapat menyampaikan atau mengingatkan kepada Bapak Presiden atas janji untuk merevitalisasi cagar budaya sonaf, atau istana kerajaan, yang terdapat di Kupang dan sekitarnya,” tuturnya.

Leopold Nisnoni yang juga salah satu Deklarator dan Pemangku Dewan Kerajaan MAKN (Majelis Adat Kerajaan Nusantara), menjelaskan secara singkat mengenai Kerajaan Kupang.

“Sebelum kedatangan bangsa Eropa, khususnya Belanda, Kerajaan Kupang merupakan sebuah kerajaan besar di Timor. Kepopuleran kerajaan Kupang melebihi kerajaan-kerajaan kecil saat itu antara lain Sonbait, Amabi, Amfuang, Tabenu, Funai, Amarasi, Sobai Kecil, Pitaip, Takaib, Amanuban, Nenometan, Amanatun, Wewiku-Wehali, Ambenu, Fialaran dan Mobara,” katanya.

Menurutnya, Kerajaan Kupang merupakan salah satu kerajaan besar di Timor yang terletak di sekitar Benteng Concordia pada 14 Juni 1613.

Raja Leopold menjelaskan, Pulau Timor pada masa lampau dibagi ke dalam 4 bagian, yakni Luka (Likusaen), Wewiku-Wehali, Sonbay dan Kupang.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker