Sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Peninggalannya di Indonesia

Abadikini.com – Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar di Indonesia. Kerajaan yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan ini sudah berdiri sejak abad ke-7 Masehi. Pendirinya adalah Dapunta Hyang Sri Jayanasa.

Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Berdirinya Kerajaan Sriwijaya berawal dari perjalanan suci Dapunta Hyang. Kala itu, Dapunta Hyang menjalankan perjalanan suci atau siddhayatra menggunakan perahu. Ia membawa 20.000 orang pasukan.
Bersama pasukannya, Dapunta Hyang akhirnya membangun kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan dan Jambi. Kemudian, ia mengembangkan kerajaan tersebut hingga ke daerah Semenanjung Malaysia.Kerajaan Sriwijaya sukses menguasai daerah perairan yang penting, yakni Selat Malaka dan Selat Sunda. Mereka juga menjalin kerja sama dengan saudagar China, India, Kamboja, Filipina, Burma, Arab, hingga Afrika.
Seiring berjalannya waktu, Kerajaan Sriwijaya semakin berjaya di Nusantara. Mereka berhasil menciptakan kapal-kapal yang canggih. Tak hanya itu, kerajaan tersebut juga memegang kendali atas perdagangan rempah-rempah di dunia selama hampir setengah abad.

Sayangnya, kerajaan Sriwijaya semakin memudar akibat serangan Kerajaan Colamandala India. Pasalnya, kerajaan tersebut berusaha mengambil alih perdagangan di wilayah Selat Malaka. Pada akhirnya, Kerajaan Sriwijaya pun runtuh setelah diserang oleh Kerajaan Melayu, Singosari, dan Majapahit.
Kerajaan Sriwjiaya telah meninggalkan sejumlah peninggalan bersejarah. Di antaranya adalah prasasti Telaga Batu, Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuo, Candi Muara Takus, dan Candi Kota Kapur.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Dengan luas wilayah kerajaan yang tidak main-main, tidak heran peninggalan Kerajaan Sriwijaya pun tersebar sangat luas. Berikut beberapa peninggalan dari kerajaan ini:

1. Prasasti Telaga Batu

Source: id.wikipedia.org/

Prasasti ini berisikan dengan kutukan-kutukan bagi mereka yang menolak melakukan perintah dari raja, pengkhianat, hingga mata-mata dari kerajaan lain.

2. Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti ini memiliki informasi tentang Raja Dapunta Hyang.

3. Prasasti Ligor

peninggalan kerajaan sriwijaya - prasasti ligor
Source: gurupendidikan.co.id/

Prasasti yang ditemukan di Thailand ini memiliki informasi tentang kekuasaan Kerajaan Sriwijaya di Ligor.

4. Prasasti Nalanda

Prasasti yang ditemukan di India ini mencatat nama Raja Balaputradewa sebagai raja yang mendukung kegiatan pembelajaran agama Buddha di India.

5. Candi Muara Takus

peninggalan kerajaan sriwijaya - candi muara takus
Source: en.wikipedia.org/

Candi yang dibangun oleh Raja Sri Culamaniwarman ini ialah sebagai bentuk hadiah dan kesetiaan pada Kekaisaran China yang dianggap sebagai pelindung Kerajaan Sriwijaya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker