Resmikan Penegerian Lima Sekolah TK, Wali Kota Ali Ibrahim: Generasi Emas Tidore Harus Dibina dengan Baik

Abadikini.com, TIDORE – Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Capt Ali Ibrahim meresmikan peralihan lima sekolah Taman Kanak-kanak (TK) swasta menjadi negeri yang berlangsung hari ini, Sabtu (12/9/2020) di salah satu sekolah TK Olemayoma Tomalou, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan

Kelima sekolah Taman Kanak-kanak swasta yang resmi beralih status menjadi negeri tersebut yakni, TK Olemayoma Tomalou menjadi TK Negeri Pembina II Kecamatan Tidore Selatan, TK Seruni Indonesiana menjadi TK Negeri Pembina II Kecamatan Tidore.

Kemudian, TK Sahjati Rum menjadi TK Negeri Pembina II Kecamatan Tidore Utara, TK Pelita Sofifi menjadi TK Negeri Pembina II Kecamatan Oba Utara dan TK Galasti Galala menjadi TK Negeri Pembina II Kecamatan Oba Utara.

Penegerian kelima TK tersebut sesuai dengan keputusan Wali kota Tidore Kepulauan dengan Nomor 104.2 tahun 2020.

Proses penegerian ini diawali dengan penandatanganan dan penyerahan SK oleh Wali Kota Ali Ibrahim, dengan adanya pengalihan status maka Kota Tidore telah memiliki 12 lembaga taman kanak-kanak yang sudah berstatus negeri dari 99 taman kanak – kanak.

Ali Ibrahim menegaskan di masa Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan di bawah kepemimpinannya di periode pertamannya bersama Muhammad Sinen sektor pendidikan menjadi salah satu yang diutamakan.

Sebab, menurut sang nakoda itu sekolah menengah pertama, sekolah dasar dan tamank-kanak adalah merupakan generasi emas Tidore untuk masa-masa mendatang yang harus di bina dan dibimbing dengan baik.

“Sektor pendidikan menjadi prioritas utama dalam pembangunan, sehingga dirinya sejak dilantik menjadi Wali Kota Tidore sudah menggratiskan biaya pendidikan hingga jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). TK dan SD adalah generasi emas Tidore yang harus di bina dengan baik,” kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menjelaskan, perjuangan untuk menjadikan sekolah taman kanak – kanak yang berstatus swasta menjadi negeri tidaklah mudah.

“Alhamdulilah, saya dan wakil saya dapat memperjuangkan semua itu baik dari sisi administrasi,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dokumalamo mengatakan ada dua masalah penting yang sementara ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah giat melaksanakan yaitu perluasan akses pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan.

“Untuk perluasan akses pendidikan, pemerintah melaksanakan dua program yaitu ketersediaan yang berarti menyediakan lembaga dan bangunan sekolah agar masyarakat tidak jauh menyekolahkan anaknya serta keterjangkauan artinya pemerintah menyediakan anggaran yang cukup agar masyarkat mampu menyekolahkan anaknya,” tuturnya.

Hadir mendampingi Wali Kota, Kadis Pendidikan, Kadispora, Camat Tidore Selatan, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Tidore Selatan, Kepala Sekolah dan Dewan Guru se Kecamatan Tidore Selatan, Ketua Komite Guru TK se-Kota Tidore Kepulauan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker