Walikota Tidore Buka Lomba Pentas Seni Baca Qur’an Sambut Tahun Baru Islam 1446 H

Abadikini.com, TIDORE – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1446 H, Pemerintah Kelurahan Tomalou, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan, mengadakan Lomba Pentas Seni Baca Qur’an. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim, di depan Masjid Nurul Bahar, Kelurahan Tomalou, Selasa malam (9/7/2024).

Dalam sambutannya, Wali Kota Ali Ibrahim menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dasar agama dan menanamkan kecintaan masyarakat pada Al-Qur’an. “Al-Qur’an adalah sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghadirkan kemajuan bagi umat manusia,” ujar Ali Ibrahim.

Ia juga menekankan pentingnya memandang lomba ini bukan hanya sebagai ajang seni membaca Al-Qur’an, tetapi juga sebagai dorongan untuk mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Ali Ibrahim mengucapkan selamat kepada para peserta dan mengingatkan mereka untuk mengikuti lomba dengan baik serta tetap menjalin silaturahim. Kepada para juri, ia berpesan untuk menjalankan tugas dengan adil, bijak, dan jujur dalam menilai.

“Di awal Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, mari kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar daerah kita terhindar dari segala bencana, dan masyarakat hidup aman dan damai,” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Hj Faujia Arahman, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an serta mencari bibit-bibit Qari dan Qariah untuk persiapan lomba STQ dan MTQ di jenjang yang lebih tinggi.

Ada tujuh cabang yang dilombakan: Tartil Quran, Tilawatil Quran, Hifdzil Quran, Dai Cilik, Adzan, Shalat Berjamaah, dan Pembacaan Asmaul Husna. Lomba ini berlangsung selama tujuh hari, dimulai dengan pawai obor pada 6 Juli dan dzikir bersama pada 7 Juli, serta dilanjutkan dengan lomba pada 9-13 Juli 2024 di depan Masjid Nurul Bahar.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore, Kepala Bagian Umum, Camat Tidore Selatan, Lurah se-Kecamatan Tidore Selatan, serta tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda, dan perempuan Kelurahan Tomalou.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128