Sembilan Fitur Baru WhatsApp 2024 Yang Patut Dicoba

Abadikini.com, JAKARTA – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia. Aplikasi ini terus berkembang dengan menghadirkan fitur-fitur inovatif untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Pada 2024, WhatsApp memperkenalkan serangkaian fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan konektivitas, privasi, dan personalisasi. Ketersediaan fitur-fitur ini dapat bervariasi tergantung pada wilayah dan versi aplikasi WhatsApp. Apa saja fitur terbaru WhatsApp? Berikut ini deretannya.

1. Integrasi status WhatsApp-Instagram

Pengguna kini dapat membagikan status WhatsApp mereka langsung ke Instagram Stories. Fitur ini membuka peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan keterlibatan, dan mempromosikan konten kepada pengikut Instagram.

2. Berbagi media saat telepon

Fitur ini menambahkan dimensi baru pada percakapan telepon. Pengguna dapat berbagi video dan musik secara real-time selama panggilan, memungkinkan mereka untuk bereaksi terhadap apa yang mereka dengar, menunjukkan momen menarik, atau bahkan berkolaborasi dalam proyek musik bersama. Fitur ini membawa elemen visual dan interaktif ke dalam percakapan telepon, membuatnya lebih hidup dan menyenangkan.

3. Fitur pemformatan teks baru

WhatsApp telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna mengelola dan menyusun pesan dengan lebih mudah. Fitur ini meliputi daftar berpoin, daftar bernomor, blok kutipan, dan kode berderet.

Daftar berpoin dan daftar bernomor memungkinkan pengguna menyusun pesan dalam bentuk poin-poin menggunakan angka atau titik.

Blok kutip memungkinkan pengguna menyoroti teks penting, sedangkan kode berderet membantu memisahkan informasi spesifik dalam kalimat. Fitur-fitur ini menambah opsi pemformatan teks yang sudah ada di WhatsApp, seperti tebal, miring, coret, dan monospace.

4. Fitur passkey

Pada April 2024, WhatsApp meluncurkan fitur login dengan passkey, sebuah metode autentikasi baru yang lebih aman dan mudah digunakan dibandingkan dengan password tradisional. Passkey adalah kunci digital yang disimpan di perangkat Anda, bukan di server, sehingga lebih aman karena tidak dapat diretas atau dicuri dari jarak jauh. Fitur tersebut saat ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone dengan iOS 16 atau lebih baru, tetapi kemungkinan akan diperluas ke platform lain di masa depan.

5. Membuat album otomatis untuk channel

Fitur ini membantu admin channel untuk mengorganisir gambar dan video yang dibagikan menjadi album yang terstruktur. Hal ini membuat channel lebih rapi dan mudah dinavigasi bagi pengguna. Admin channel dapat membuat, mengedit, dan mengatur album dengan mudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

6. Mencari obrolan lama di kalender

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari pesan lama berdasarkan tanggal di kalender. Hal itu memudahkan pengguna untuk menemukan pesan yang mungkin sulit ditemukan dengan cara scrolling melalui daftar chat yang panjang. Implementasi fitur ini membutuhkan integrasi dengan database WhatsApp untuk memungkinkan pengindeksan pesan berdasarkan tanggal dan waktu.

7. Indikator enkripsi obrolan

Privasi adalah prioritas utama WhatsApp. Fitur indikator enkripsi obrolan menunjukkan status enkripsi ujung-ke-ujung pada setiap percakapan. Tanda gembok dan teks “Pesan Anda dienkripsi” memberikan jaminan visual bahwa privasi percakapan mereka terjaga dan terlindungi dari pihak ketiga.

8. Panggilan WhatsApp tanpa menyimpan kontak

Fitur ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi pengguna untuk terhubung dengan orang lain tanpa perlu menyimpan kontak mereka.

Selain itu, fitur tersebut juga bermanfaat untuk melakukan panggilan ke nomor bisnis, layanan pelanggan, atau orang yang baru dikenal. Fitur panggilan WhatsApp tanpa menyimpan kontak membantu bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka dengan lebih baik dan meningkatkan citra profesional mereka.

9. Pembuatan stiker pribadi

Fitur pembuatan stiker pribadi memungkinkan pengguna untuk membuat stiker mereka sendiri menggunakan foto dan video dari galeri mereka. Stiker ini dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan humor, sarkasme, atau kasih sayang dalam komunikasi, membuat percakapan lebih hidup dan menarik.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128