Unhan RI Jajaki Kerjasama dengan Lincoln Institute for Agri-Food Technology

Abadikini.com, JAKARTA – Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D., menerima kunjungan dari Lincoln Institute for Agri-Food Technology (LIAT). Dalam pertemuan tersebut hadir Dr. James Wagstaffe, Associate Professor dan Director of Teaching and Learning LIAT, serta Dr. Oscar Utomo, Post-Doctoral Research Associate, yang mengikuti secara online. Regional Manager for South East Asia-International Office, Keke Millsom, juga hadir langsung di Kampus Pascasarjana Unhan RI. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan teknologi pangan serta agrikultur. Pertemuan berlangsung di ruang rapat Rektor Unhan RI, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kampus Pascasarjana Unhan RI, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Dalam sambutannya, Rektor Unhan RI mengucapkan terima kasih atas kunjungan LIAT dan memaparkan sekilas tentang Unhan RI serta kerjasama yang telah dijalin dengan berbagai universitas internasional. Beliau menegaskan pentingnya pengembangan kerjasama dengan universitas-universitas lain, termasuk yang berada di Inggris. Saat ini, Unhan RI telah bekerja sama dengan Cranfield University dalam pengembangan Program Magister Manajemen Pertahanan dan sedang dalam proses penandatanganan MOU dengan King’s College.

Keke Millsom dari University of Lincoln menyampaikan apresiasi atas sambutan yang diberikan oleh Rektor dan pejabat utama Unhan RI. University of Lincoln, yang berdiri pada tahun 1996 dan masuk dalam Top 150 Young University Rankings 2024 versi Times Higher Education, baru-baru ini memenangkan Queen’s Anniversary Prize dalam bidang ketahanan pangan. Penghargaan tersebut diberikan oleh Raja Charles dan Queen Camilla di Buckingham Palace.

### Fokus pada Teknologi dan Efisiensi Pangan

Dalam pemaparannya, Dr. James Wagstaffe menjelaskan tentang fokus Lincoln Institute of Agri-Food Technology (LIAT) pada keamanan pangan dan pengembangan efisiensi dalam produksi pangan. LIAT berdiri sejak tahun 2016 dengan misi mengembangkan kemampuan institusi dalam mendukung sektor pangan melalui teknologi canggih seperti robotik dan AI. Program pendidikan LIAT mencakup berbagai bidang seperti M.Sc Agri-Food Technology, M.Sc Sustainability, dan M.Sc Data Science and Light Analytics.

Dr. Wagstaffe juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan universitas-universitas lain serta tantangan yang dihadapi seperti krisis iklim dan kesejahteraan agrikultural. LIAT menggunakan solusi inovatif seperti diversitas genetik dan teknologi untuk mengembangkan tanaman di lingkungan yang menantang. Penggunaan robot dalam pertanian, yang dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi penggunaan bahan bakar, merupakan bagian penting dari pendekatan LIAT.

### Diskusi dan Tanya Jawab

Courtesy call ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang menyoroti pentingnya kolaborasi internasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Perencanaan Unhan RI, Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Agus Adriyanto, S.T., M.M., M.Tr. Opsla., CIQnR., CIQaR., IPU., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kelembagaan, Inovasi, dan Teknologi Unhan RI, Mayor Jenderal TNI Dr. Ir. Susilo Adi Purwantoro, S.E., M.Eng.Sc., CIQnR., CIQaR., IPU., CIPA., ASEAN Eng., Kepala LPPM Unhan RI, Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, M.S., yang diwakili oleh Ses LPPM Laksma TNI Ruby Alamsyah, M. Tr. Opsla, M. Han., Karo Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Unhan RI, Brigjen TNI Basuki Darmawan S.Pd., M.Ed., dan Anjakdya Bid. Kerma Roren Kermas Kolonel Sus Dr. Samsul Bahari, M.Bus.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Rektor Unhan RI kepada Keke Millsom, dilanjutkan dengan pengisian buku tamu Rektor dan sesi foto bersama.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128