Jalan Menuju Masa Depan Indonesia

Oleh Prabowo Subianto Presiden Terpilih Indonesia

Abadikini.com – Saya merasa terhormat dan bersyukur atas keputusan rakyat Indonesia yang memilih saya sebagai presiden baru mereka; ini adalah salah satu momen terbesar dalam hidup saya.

Faktor yang mendasari kemenangan telak kami adalah visi nyata untuk masa depan negara kita, mewakili rakyat Indonesia, arah mereka, serta menawarkan solusi yang dapat diwujudkan untuk masalah paling mendesak yang kita hadapi bersama.

Visi yang saya maksud ini menggema di hati rakyat Indonesia—dengan semua yang benar-benar percaya pada Indonesia dan masa depannya, sama seperti saya.

Setelah kemenangan seperti itu, ada perasaan bangga dan antusiasme. Tetapi, waktu untuk merayakan sangat terbatas.

Saya merasakan beban harapan dan ekspektasi dari puluhan juta orang; bukan hanya mereka yang memilih saya, tetapi juga mereka yang mendukung kandidat rival kami. Kami harus memerintah dan memenuhi harapan semua orang.

Meskipun kita mungkin berasal dari afiliasi politik yang berbeda dan mungkin berbeda dalam isu kebijakan, saya yakin semua orang Indonesia sepakat bahwa kita perlu mengubah Indonesia menjadi kekuatan ekonomi yang maju dan aktor internasional yang dihormati, seperti yang seharusnya.

Di bawah kepemimpinan yang tercerahkan dari teman dan kolega saya, Presiden Joko Widodo, Indonesia telah melakukan serangkaian reformasi yang telah menempatkan negara ini di jalur transformasi dramatis. Saya berniat untuk melanjutkan misi ini, membangun di atas fondasi yang telah diletakkan sebelumnya, tetapi juga memperdalam transformasi dengan menempuh jalan dinamis ke depan.

Prioritas utama dari kepresidenan saya pada akhirnya adalah kualitas hidup rakyat Indonesia.

Rakyat kita, bukan mineral kita, adalah sumber daya nomor satu Indonesia. Itulah mengapa segala sesuatu yang saya lakukan harus berkontribusi untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi rakyat kita, lebih banyak lapangan kerja, lebih banyak pendidikan, peluang baru untuk berhasil dan berkembang.

Saya memiliki beberapa kebijakan ambisius, terutama terkait anak-anak; seperti menyediakan makanan gratis bagi siswa di sekolah-sekolah di seluruh negeri, misalnya. Saya optimis bahwa melalui kebijakan seperti itu, kita akan meningkatkan kehadiran dan kinerja sekolah dan akan menunjukkan dukungan dan solidaritas kita kepada anak-anak yang paling membutuhkan.

Saya juga telah berkomitmen untuk memastikan ketahanan pangan Indonesia dan membangun sektor pertanian yang modern dan berkelanjutan dalam prosesnya. Meskipun saya memahami kesulitan dan tantangan yang diwarisi negara kita di bidang pertanian, saya rasa tidak dapat diterima bahwa negara seperti Indonesia, yang sedang naik ke puncak G7, tidak mampu menyediakan ketahanan pangan sepenuhnya bagi rakyatnya. Tidak ada alasan obyektif mengapa kita tidak bisa mereformasi sektor pertanian dan produksi pangan kita dan saya akan bekerja keras sejak hari pertama masa jabatan saya agar kita mencapai tujuan ini.

Salah satu aset terbesar Indonesia adalah juga kekayaan mineralnya, yang akan kita gunakan untuk memastikan pembangunan ekonomi jangka panjang dan modernisasi negara tercapai. Kebijakan hilirisasi industri akan terus berlanjut dan berkembang, memastikan lebih banyak pendapatan, lebih banyak investasi, dan lebih banyak lapangan kerja. Penguatan kemampuan industri Indonesia, terutama di industri yang bergantung pada sumber daya mineral Indonesia, akan terus berlanjut, akan semakin intensif, dan sektor ini akan berkembang. Saya berkomitmen untuk mendorong Indonesia mencapai tujuannya menjadi negara maju sepenuhnya pada tahun 2045.

Diversifikasi sangat penting. Ini terjadi pada ekonomi kita dengan mendukung sektor-sektor yang memiliki potensi terbesar—industri inovasi dan teknologi tinggi di mana Indonesia sudah memiliki potensi besar, kolam bakat yang mendalam, dan tenaga kerja yang sangat terampil. Saya akan bekerja keras untuk menyediakan peluang pelatihan tambahan di bidang ini, mengejar pendidikan STEM yang dapat diakses oleh semua yang menginginkannya, tetapi juga untuk mendukung mereka dalam mengembangkan ide dan solusi inovatif di industri masa depan.

Untuk pariwisata—Indonesia sudah menjadi tujuan wisata utama, dengan tradisi panjang dalam keramahan dan pariwisata. Bagaimana mungkin sebaliknya, jika Anda mempertimbangkan geografi yang menakjubkan dan keindahan alam Indonesia, dengan pulau-pulau megah dan keanekaragaman ekosistem yang luar biasa, budaya, kelompok etnis, dan di atas segalanya, rasa hangat dan kemurahan hati?

Kita memiliki peran penting dalam membangun ekonomi modern dan maju, dengan mengejar kebijakan yang tepat dan menciptakan iklim bisnis yang tepat. Tetapi pada akhirnya, keberhasilan pembangunan ekonomi kita bergantung pada pengusaha dan bisnis kita, pada bagaimana kita mendukung bisnis yang sudah mapan dan sukses serta bagaimana kita juga menciptakan kondisi yang tepat bagi startup baru dan menjanjikan untuk berkembang.

Kami telah merancang sejumlah inisiatif yang akan meningkatkan iklim bisnis Indonesia; langkah-langkah seperti digitalisasi layanan publik kita misalnya, yang akan sangat mendukung kemudahan berbisnis dan memerangi korupsi, hambatan utama dalam pembangunan ekonomi.

Saya memiliki rencana besar untuk negara yang saya cintai, tetapi saya tidak melihat perkembangan Indonesia sebagai persaingan zero-sum-game dengan seluruh dunia. Kami terbuka. Kami menyambut kemitraan ekonomi dan kerjasama dengan negara-negara lain dan kekuatan ekonomi lainnya. Yang kami minta adalah agar mitra kami memahami bahwa bagi kami, kedaulatan dan kepentingan nasional Indonesia akan selalu menjadi yang utama. Indonesia pada akhirnya tidak dapat diselaraskan dengan kekuatan mana pun.

Sesuai dengan visi ini untuk posisi geopolitik negara kami, kami akan melanjutkan kerjasama kuat kami dengan China sebagai kekuatan penting di wilayah kami, mitra ekonomi penting, dan rakyat yang memiliki sejarah panjang bersama kami. Namun, pada saat yang sama, kami akan bekerja untuk memperluas dan memperdalam kemitraan erat kami dengan AS dan Barat. Ini penting bagi kami, yang didasarkan tidak hanya pada kepentingan bersama dan kerjasama di sejumlah bidang, tetapi juga oleh nilai-nilai bersama, karena kami membentuk beberapa demokrasi terbesar di dunia.

Terakhir, akan ada fokus khusus pada Afrika, sebuah benua yang dekat di hati saya dan hari ini, seperti halnya Indonesia, merupakan tanah peluang. Kami dapat saling mendukung, berbagi pengalaman kami dan dengan membangun sinergi dan kemitraan, bekerja untuk mengubah negara kami.

Negara saya berada di ambang membuka babak baru dalam masa depannya. Saya merasa beruntung bahwa melalui pekerjaan saya, saya dapat berkontribusi untuk mewujudkan potensi sejati Indonesia sebagai negara dan sebagai bangsa.

Saya hanya bisa berharap bahwa dengan bekerja sama erat dengan semua teman dan mitra kami, saya akan dapat membuka jalan bagi Indonesia yang makmur dan harmonis untuk generasi mendatang.

Prabowo Subianto presiden terpilih Indonesia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128