Mengenal Apa Itu Kalkulator Masa Subur Dan Cara Menggunakannya

Kalkulator masa subur merupakan alat atau perangkat lunak yang berguna untuk menghitung masa subur wanita berdasarkan siklus haidnya. Umumnya, siklus menstruasi yang teratur berlangsung selama 28 hari, namun bisa bervariasi pada tiap wanita antara 21 hingga 35 hari. 

Para wanita bisa memantau perubahan tubuhnya selama siklus haid dengan menggunakan kalkulator masa subur. Mereka bisa mengetahui perubahan suhu basal tubuh (BBT) dan lendir serviks, hingga menentukan kapan masa subur terjadi. 

Untuk lebih memahami tentang apa itu kalkulator masa subur, berikut ini ada ulasan tentang pengertian kalkulator masa subur dan cara menggunakannya: 

  1. Apa Itu Kalkulator Masa Subur?

Kalkulator masa subur merupakan alat yang digunakan untuk memantau siklus menstruasi dan membantu wanita dalam merencanakan kehamilan. Untuk menggunakan alat ini, seorang wanita harus menginput tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan interval haid, yakni selang waktu antara dua siklus haid. Nah, dari informasi tersebut, kalkulator otomatis akan menghitung masa subur wanita. 

HPHT merupakan tanggal pertama dari haid terakhir seorang wanita, sedangkan interval haid merupakan selang waktu antara kedua siklus haid. Masa subur sendiri adalah periode dimana seorang wanita memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil. Masa subur biasanya berlangsung kira – kira 6 hari, dimulai sejak 5 hari sebelum ovulasi hingga 1 hari setelahnya. 

Dengan menggunakan kalkulator ini, seorang wanita jadi bisa memahami siklus haidnya lebih baik, memantau masa subur, dan merencanakan kehamilan dengan lebih efektif. Kalkulator masa subur akan memberikan informasi yang berguna bagi pasangan yang ingin memiliki anak atau bagi wanita yang ingin mencegah kehamilan. Jadi, kalkulator ini merupakan alat yang sangat berguna dalam perencanaan dan penundaan kehamilan bagi setiap wanita. 

  1. Bagaimana Cara Menggunakan Kalkulator Masa Subur? 

Lantas, bagaimana cara menggunakan kalkulator masa subur? Untuk menggunakan kalkulator ini, seorang wanita perlu mengetahui kapan hari haid terakhir sebagai patokan. Setelah itu, ikuti langkah – langkah di bawah ini!

  • Masukkan tanggal haid terakhir (HPHT) ke dalam kalkulator masa subur. 
  • Selanjutnya, masukkan interval haid yang biasanya dirasakan. 
  • Setelah mengisi semua informasi, klik tombol “Get your Result”. 
  • Kemudian hasilnya akan menampilkan tanggal masa subur dan estimasi waktu ovulasi berdasarkan informasi yang dimasukkan. 
  • Dengan menggunakan kalkulator masa subur, tiap wanita bisa memantau siklus haid mereka untuk merencanakan kehamilan dengan lebih baik. 
  • Dengan mengetahui waktu masa subur, seorang wanita bisa meningkatkan peluang kehamilan. 
  • Penggunaan kalkulator masa subur sangat membantu para wanita dalam memantau siklus haid dan merencanakan kehamilan. 
  • Karena itu, pastikan menggunakan kalkulator masa subur untuk memantau siklus haid dan meningkatkan peluang kehamilan. 
  1. Tanda – Tanda Masa Subur

Masa subur merupakan periode dimana seorang wanita kemungkinan berpeluang tinggi untuk hamil. Tanda – tanda masa subur bisa membantu dalam memantau siklus haid dan merencanakan kehamilan. Adapun tanda – tanda masa subur antara lain :

  • Suhu tubuh wanita cenderung naik secara tajam saat masa subur.
  • Hormon luteinizing dalam tubuh juga meningkat, sehingga menyebabkan lendir pada serviks menjadi lebih encer dan jernih. 
  • Kemungkinan mengalami nyeri payudara, perut terasa kembung, dan bercak – bercak pendarahan. 
  • Kemungkinan juga muncul nyeri atau kram pada perut. 

Nah, dengan memperhatikan tanda – tanda diatas, seorang wanita bisa memperkirakan kapan masa subur terjadi. Hal itu berguna dalam merencanakan kehamilan atau menghindari kehamilan yang tak diinginkan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128