Panglima TNI Resmikan Replika Benteng Cikahuripan

Abadikini.com, BANDUNG BARAT – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, didampingi Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita, dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, meresmikan Replika Benteng Cikahuripan di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu (9/6/2024). Acara ini juga disertai dengan kegiatan sosial untuk masyarakat setempat.

Benteng Cikahuripan, yang terletak di Desa Cikahuripan, dibangun pada masa penjajahan Belanda dan digunakan sebagai pertahanan militer pada Perang Dunia II. Benteng ini didirikan pada tahun 1928 melalui kerja paksa rakyat Indonesia dan menjadi saksi bisu perjuangan para prajurit Siliwangi dan masyarakat Jawa Barat saat menumpas DI/TII di Bandung Utara.

Dalam upaya mengenang sejarah Benteng Cikahuripan, TNI membangun Replika Benteng Cikahuripan sebagai bentuk kepedulian terhadap sejarah perjuangan bangsa. Peresmian ini menjadi simbol penghargaan atas pengorbanan dan perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di sekitar Desa Cikahuripan. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban dan memberikan manfaat nyata bagi warga setempat.

Anak-anak yang hadir juga mendapatkan perhatian khusus dari Jenderal Agus Subiyanto. Keceriaan dan kegembiraan terlihat dari wajah mereka saat bercengkerama dengan Sang Jenderal, menunjukkan kedekatan dan kepedulian TNI terhadap generasi muda.

Peresmian Replika Benteng Cikahuripan ini diharapkan dapat menjadi pengingat akan sejarah perjuangan bangsa serta mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker