Jokowi Buka Rakernas Apeksi XVII, Tekankan Pentingnya Perencanaan Kota yang Baik

Abadikini.com, BALIKPAPAN – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam sambutannya, Presiden menyoroti pentingnya perencanaan tata kota yang baik seiring dengan meningkatnya kepadatan penduduk di wilayah perkotaan.

“Sudah sering saya sampaikan bahwa di tahun 2045, 70 persen penduduk kita ini akan ada di perkotaan, 70 persen. Kalau dunia di tahun 2050, 80 persen penduduk dunia ini akan ada di kota, di perkotaan. Apa yang akan terjadi? Beban kota akan menjadi sangat berat. Oleh sebab itu, juga sudah sering saya sampaikan rencana kota secara detail itu harus dimiliki setiap kota di Indonesia,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi berharap kota-kota di Indonesia menjadi kota yang layak huni dan tidak menghadapi masalah seperti kota-kota di Eropa dan Amerika yang memiliki tingkat pengangguran serta tunawisma yang tinggi. Ia ingin semua kota di Indonesia menjadi “livable” dan “lovable”, di mana penduduknya nyaman dan mencintai kotanya karena pelayanan publik yang baik.

Presiden juga menyoroti masalah kepadatan dan kemacetan di beberapa kota besar di Indonesia. Ia menekankan pentingnya rencana pembangunan transportasi massal untuk mengurangi kemacetan. Salah satu solusi yang diajukan adalah Autonomous Rapid Transit (ART), sebuah moda transportasi massal yang ekonomis dan ramah lingkungan.

“Nanti kalau ada yang APBD-nya memiliki kemampuan, tolong berhubungan dengan Pak Menteri Perhubungan. Bisa bagi-bagi, fifty-fifty, APBD 50 persen, APBN 50 persen, misalnya. Karena kalau tidak, 10-20 tahun yang akan datang semua kota akan macet. Enggak percaya, kita lihat nanti, kalau enggak kota-kota siap dan menyiapkan diri mengenai transportasi massalnya,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan pentingnya konsep kota masa depan yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, serta perempuan dan anak. Ia juga mengapresiasi Kota Balikpapan dan Kota Surabaya yang telah berhasil menerapkan konsep kota hijau, serta meminta kota-kota lain untuk mengikuti jejak kedua kota tersebut dan konsep kota nusa rimba yang akan diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hadir dalam acara ini mendampingi Presiden antara lain Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128