TMMD di Kabupaten Kupang Diakui Sebagai Afirmasi Pembangunan yang Efektif

Abadikini.com, KUPANG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Kupang diakui sebagai afirmasi pembangunan yang efektif oleh Pj. Bupati Kupang, Alexon Lumba. Dalam kunjungan Ketua Tim Wasev Mayjen TNI Irham Waroihan ke Lokus TMMD Kodim 1604 Kupang di GMIT Lidamanu, Desa Tesabela, Kecamatan Kupang Barat, disampaikan bahwa TMMD merupakan media sinergi yang mempercepat dan meratakan pembangunan melalui budaya gotong royong dan nasionalisme.

Mayjen TNI Irham Waroihan menyatakan rasa syukurnya atas kesempatan menyaksikan langsung pembangunan yang dilaksanakan melalui TMMD. “Kehadiran saya di sini untuk memastikan kualitas dan kinerja jajaran TNI dalam memberikan pelayanan yang nyata kepada masyarakat, baik fisik maupun non-fisik,” ujar Mayjen Irham. Ia mengapresiasi Pemkab Kupang yang mengalokasikan dana sebesar Rp. 900.000.000 untuk TMMD, dengan tambahan alokasi dana dari Mabes TNI sebesar Rp. 500.000.000.

Pj. Bupati Kupang, Alexon Lumba, menyambut hangat kehadiran Mayjen TNI Irham Waroihan dan mengungkapkan bahwa program TMMD berperan penting dalam membentuk karakter masyarakat, memperkokoh semangat nasionalisme, dan melindungi masyarakat dari provokasi serta ancaman disintegrasi bangsa. “Keterlibatan TNI dalam membangun sarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan, dan TMMD merupakan salah satu afirmasi pembangunan yang paling efektif,” kata Lumba.

Lumba menambahkan bahwa TMMD sejak awal hingga kini selalu menempatkan masyarakat desa sebagai subjek pembangunan, dan berkontribusi signifikan terhadap pencapaian target pembangunan di bidang pemberdayaan masyarakat desa.

Kolonel Inf. Jalu Wiwit Wibowo, Dandim 1604 Kupang, melaporkan bahwa sasaran TMMD kali ini mencakup rehab Pastori Via Dolorosa, lantainisasi Gereja Via Dolorosa, pembangunan Rumah Pastori Lidamanu, rehab perpustakaan SD GMIT Tesabela, pembangunan 3 unit MCK, serta pembangunan jalan rabat di Desa Lifuleo. Selain itu, kegiatan non-fisik yang dilakukan meliputi sosialisasi rekruitmen TNI, kesadaran hukum, bahaya narkoba, KB dan kesehatan, bela negara, posyandu dan pos rindu, lingkungan hidup, pertanian, dan penanganan stunting.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, Kasiter Korem 161 Kupang, Plt. Kadis PMD Kab. Kupang Marthen Rahakbauw, Camat Kupang Barat Yusak Ulin, dan tokoh masyarakat setempat. Pelantikan berjalan lancar dan diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128