Rumah sakit Pratama Di Amfoang Akan Dibangun Di Desa Fatunaus

Abadikini.com, KUPANG – Harapan dan kerinduan masyarakat Kabupaten Kupang di wilayah Amfoang untuk memiliki fasilitas kesehatan bertaraf rumah sakit semakin mendekati kenyataan. Pada Selasa (28/5-2024), Penjabat (Pj.) Bupati Kupang Alexon Lumba menetapkan lokasi pembangunan Rumah Sakit Pratama Amfoang.

Berdasarkan kesepakatan masyarakat dan tokoh adat, lokasi rumah sakit ini akan dibangun di Desa Fatunaus, Kecamatan Amfoang Utara. Fatunaus dipilih karena strategis, berada di tengah beberapa kecamatan di Amfoang dan dekat dengan ibu kota Kecamatan Amfoang Utara yang memiliki fasilitas pelabuhan dan dermaga feri.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba menyatakan apresiasi atas disepakatinya lokasi RS Pratama Amfoang oleh para orang tua, tokoh-tokoh, dan masyarakat. Menurutnya, kesepakatan ini sangat penting sebagai landasan untuk pembangunan rumah sakit di wilayah Amfoang. “Derajat kesehatan masyarakat merupakan prioritas utama dan penting untuk diupayakan,” jelasnya.

Alexon juga menegaskan bahwa berkah dari Pemerintah Pusat berupa pembangunan rumah sakit ini harus direspons dengan baik. “Keberadaan fasilitas kesehatan di wilayah Amfoang akan semakin lengkap ketika Rumah Sakit Pratama Amfoang ini telah dibangun dan dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepada para orang tua, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan semua unsur yang hadir, Alexon menyampaikan terima kasih atas penyiapan lokasi ini. Ia berharap lokasi tanah pembangunan RS ini disertai dengan legalitas dan dasar hukum yang baik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Terima kasih bagi orang tua yang sudah menyerahkan tanahnya, yang tentunya bermanfaat bagi kepentingan banyak orang. Kepada pihak ketiga yang nantinya akan bekerja, saya titipkan pesan agar bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan RAB dan spesifikasi yang ada sehingga manfaat bangunan RS Pratama ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita ke depan,” pesannya.

Tokoh Adat Amfoang, Tom Kameo, mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah sehingga akan dibangunnya rumah sakit di wilayah Amfoang. Ia menyatakan bahwa dirinya bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan rumah sakit dengan harapan dapat berjalan baik. “Saya harapkan pembangunan RS ini nantinya bisa berjalan dengan baik untuk kepentingan banyak orang. Selain gedungnya, saya harapkan dipersiapkan juga tenaga-tenaga handal yang bisa bekerja di sini nanti,” harapnya.

Pencanangan ini juga ditandai dengan doa dan penandatanganan berita acara oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat Amfoang, tuan tanah, kepala desa, para camat dari enam kecamatan se-Amfoang, dan oleh Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker