Fatuleu Barat Jadi Pilot Project Gerakan Kencana Kemendagri

Abadikini.com, KUPANG – Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri RI, menggelar acara Sosialisasi dan Pilot Project Deklarasi Gerakan Kencana di Kabupaten Kupang dengan dukungan program Siap Siaga. Acara ini berlangsung di Hotel Kristal, Kota Kupang, Rabu (29/5/2024).

Plt. Sekda Kabupaten Kupang, Novita Foenay, menyampaikan terima kasih kepada BNPB dan Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan Kemendagri atas fasilitasi kegiatan ini dan penetapan Kecamatan Fatuleu Barat sebagai pilot project deklarasi kecamatan tangguh bencana atau Kencana. “Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami sekaligus memberikan dorongan kepada pemerintah untuk dapat mengoptimalkan peran dan fungsi kecamatan dalam penanggulangan bencana,” terang Novita.

Novita berharap pembentukan Kencana tidak sebatas formalitas, tetapi dapat memberikan dampak positif terhadap upaya penanggulangan bencana, khususnya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat di wilayah rawan bencana. “Jadikan Kecamatan Fatuleu Barat sebagai pilot project Kencana di Kabupaten Kupang, sehingga kedepannya dapat menjadi standar bagi kecamatan lainnya,” tambahnya.

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri, Evan Fardianto, menjelaskan bahwa Kencana adalah gerakan yang memudahkan kecamatan dalam mendukung percepatan capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) sub urusan bencana. “Keterlibatan kecamatan dalam gerakan Kencana akan mampu berkontribusi membantu percepatan penyediaan tiga jenis pelayanan dasar dan peningkatan mutu layanan serta mempercepat waktu respon Pemerintah Daerah dalam pemenuhan SPM Sub Urusan Bencana,” kata Evan.

Evan mengingatkan beberapa hal penting, antara lain:
1. BPBD agar segera melakukan pemetaan wilayah rawan bencana di tingkat kecamatan mengacu pada dokumen kajian risiko bencana Kabupaten/Kota.
2. Bupati/Walikota mendorong kecamatan dengan tingkat kerawanan bencana kategori tinggi untuk ikut serta dalam gerakan Kencana.
3. Mengoptimalkan peran forum koordinasi pimpinan kecamatan dalam upaya penanggulangan bencana sebagaimana Surat Edaran Mendagri Nomor: 138/1652/SJ tanggal 1 Maret 2021.

Acara ini ditandai dengan penandatanganan Surat Keikutsertaan oleh Plt. Sekda Kabupaten Kupang bersama Camat Fatuleu Barat, penyematan rompi gerakan Kencana dari Kemendagri kepada Plt. Sekda, dan penyerahan buku saku gerakan Kencana dari Kemendagri kepada Pemkab dan Camat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker