Peningkatan Kapasitas Layanan Penanganan Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga (DP3AP2KB) Kota Tidore Kepulauan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Layanan Penanganan Bagi Perempuan Korban Kekerasan. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Tidore Kepulauan, Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, pada Selasa (28/5/2024) di Aula SMA N 1 Kota Tidore Kepulauan.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas DP3AP2KB, Abd Rasyid Abd Latif. Dalam sambutannya, Abd Rasyid menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak. “Kekerasan terhadap perempuan dan anak memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap proses tumbuh kembang anak dan sering kali terjadi di lingkungan publik atau dalam satu komunitas,” ujar Abd Rasyid. Ia juga menyebutkan bahwa perempuan dan anak merupakan potensi besar di masyarakat Kota Tidore Kepulauan, dengan jumlah perempuan mencapai 57,7% dari total penduduk dan jumlah anak sebanyak 32,3%.

Ketua Puspaga Kota Tidore Kepulauan, Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar tidak ada lagi kekerasan maupun pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak di Kota Tidore Kepulauan. “Saya berharap sebagai seorang perempuan, tidak ada lagi kekerasan maupun pelecehan seksual di Kota Tidore Kepulauan. Untuk itu, memang tidak mudah dan butuh proses yang ekstra kerja keras untuk mencegah perbuatan yang tidak bertanggung jawab ini,” tutur Rahmawati.

Rahmawati juga berpesan kepada para perempuan, khususnya ibu rumah tangga, untuk saling mengingatkan dan mengatur pola asuh yang baik kepada anak-anak. “Kita harus punya komitmen yang sama bahwa kita harus bisa menangani permasalahan kekerasan dan jangan pernah lemah untuk melawan permasalahan seperti ini yang kita jumpai di lapangan,” pesannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta, terdiri dari ketua dan anggota organisasi wanita di Kota Tidore Kepulauan serta para lurah di Kecamatan Tidore. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan penanganan terhadap kekerasan pada perempuan dan anak dapat lebih ditingkatkan, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi mereka.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128