Jemaah Haji Diminta Mencegah Dehidrasi Selama Melaksanakan Ibadah Haji

Abadikini.com, MADINAH – Kepala Seksi Kesehatan KKHI Madinah, dr. Karmijono, mengingatkan jemaah haji akan pentingnya mencegah dehidrasi selama melaksanakan ibadah haji. Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kekurangan cairan, tetapi juga dapat memicu kambuhnya penyakit-penyakit kronis yang mungkin sudah ada sejak dari tanah air.

Dalam acara sosialisasi bertajuk “Cegah Dehidrasi Sehat Berhaji” di Hotel Arjuan Al Saadah pada Kamis (23/5), dr. Karmijono menekankan pentingnya minum oralit sebagai salah satu cara mencegah dehidrasi. Beliau menjelaskan bahwa banyak jemaah haji yang mengalami dehidrasi, sehingga memicu kambuhnya penyakit yang sebelumnya tidak pernah muncul.

Sosialisasi ini dihadiri oleh kepala sektor 3, perangkat kloter, dan jemaah haji yang berada di sektor 3, di mana Hotel Arjuan Al Saadah berada dalam Sektor 3 dalam penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M.

Selain itu, dr. Karmijono juga mengingatkan jemaah yang akan berangkat ke Arab Saudi untuk membiasakan diri minum oralit. Ia berharap agar perangkat kloter dapat mengingatkan jemaah untuk minum oralit yang sudah disertakan dalam paket yang diberikan di embarkasi.

Menurut dr. Karmijono, hampir 90% pasien yang dirawat di KKHI Madinah awalnya mengalami dehidrasi. Beberapa jemaah bahkan yang didiagnosis mengalami demensia bisa pulih dan bergabung kembali dengan kloternya setelah mendapatkan perawatan cairan yang memadai.

Ia juga menyampaikan bahwa jumlah jemaah haji yang dirawat di KKHI Madinah telah berkurang dari 27 orang menjadi 15 orang. Mayoritas dari mereka mengalami kelelahan yang memicu kambuhnya penyakit bawaan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker