Ali Ibrahim Resmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-TERPADU) di Gedung PLUT, Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore, pada Selasa (28/5/2024).

Peresmian Gedung PLUT ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Capt. H. Ali Ibrahim, yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Ny. Hj Safia Ali Ibrahim, Forkopimda Kota Tidore, Anggota DPRD Kota Tidore, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Malut Wa Zaharia.

Dalam sambutannya, Capt. H. Ali Ibrahim menyatakan bahwa Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat menyambut baik kehadiran Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di pusat perekonomian Kota Tidore Kepulauan. Keberadaan PLUT-TERPADU ini merupakan bentuk kepercayaan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, yang memilih Kota Tidore sebagai salah satu daerah penerima program ini. PLUT-TERPADU diharapkan dapat memberikan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha Koperasi dan UMKM di daerah ini.

Walikota dua periode ini juga menambahkan bahwa Pemerintah Kota Tidore akan terus mengembangkan dan memperkuat pelaku UMKM agar lebih mandiri serta berdaya saing melalui program-program yang akan dijalankan di PLUT-KUMKM ini secara simultan dan sinergis, bekerja sama dengan berbagai stakeholder.

“Melalui momentum peresmian PLUT-KUMKM ini, saya mengajak kita semua, terutama Dinas Perindagkop dan UKM, Pengelola PLUT, Konsultan PLUT sebagai pendamping UMKM, Organisasi Gerakan Ekonomi Kreatif, dan para pelaku UMKM dari berbagai sektor untuk bersama-sama memanfaatkan keberadaan Gedung PLUT dan sarana prasarana yang telah tersedia ini secara maksimal,” ajak Ali Ibrahim.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Tidore Kepulauan Selvia M. Nur dalam laporannya menyampaikan bahwa Pusat Layanan Usaha Terpadu adalah salah satu program Kementerian Koperasi dan UKM RI yang telah dijalankan sejak tahun 2014 untuk mendorong UMKM naik kelas. Program ini memberikan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha, dan peran pendirian serta pengembangannya diserahkan kepada daerah dengan otonomi yang lebih luas.

Selvia menambahkan bahwa PLUT berfungsi sebagai garis terdepan dalam memberikan layanan dan memfasilitasi terlaksananya program pendampingan oleh para konsultan pendamping dengan tujuan meningkatkan kualitas kelembagaan Koperasi dan UMKM, meningkatkan produksi dan produktivitas usaha Koperasi dan UMKM, serta meningkatkan akses jangkauan pemasaran produk UMKM.

“Saat ini jumlah UMKM di Kota Tidore mencapai 8.108 pelaku dengan jumlah anggota koperasi sebanyak 7.149 orang dari 99 koperasi aktif yang tersebar di delapan kecamatan. Mereka semua menjadi binaan PLUT-KUMKM. Di gedung PLUT ini juga disediakan produk unggulan dari pelaku usaha yang ada di Kota Tidore,” kata Selvia.

Peresmian ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan Koperasi dan UMKM di Kota Tidore Kepulauan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas dan daya saing UMKM.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128