RSUP Adam Malik Jalin Kerja Sama dengan King Salman Operasi Jantung

Abadikini.com, MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik di Medan, Sumatera Utara, menjalin kerja sama dengan King Salman (KS) Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi untuk melaksanakan kegiatan sosial berupa operasi jantung. Kerja sama ini mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, yang menilai bantuan dari Arab Saudi sangat bermanfaat bagi RSUP Adam Malik.

“Muslim World League dan King Salman Relief sangat membantu RS Adam Malik untuk melakukan operasi jantung,” ujar Menkes Budi pada konferensi pers dikutip, Sabtu (25/5/2024).

Program bantuan medis kemanusiaan ini melibatkan pelaksanaan operasi jantung di Medan tanpa biaya bagi pasien, karena sudah di-cover oleh BPJS Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga periode: periode pertama berlangsung hingga 27 Mei 2024, periode kedua pada 2-9 Juni 2024, dan periode ketiga pada 25 Juni hingga 1 Juli 2024.

Operasi jantung ini dilakukan oleh tenaga medis ahli dan terkemuka dari Arab Saudi, dengan target operasi untuk 15-20 pasien pada setiap periodenya. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah, menegaskan komitmen kedutaan dalam mendukung pelaksanaan program ini.

“Kami menegaskan bahwa Kedutaan Arab Saudi terbuka untuk pelaksanaan program operasi jantung ini dan dengan senantiasa memberikan fasilitas kemudahan bagi terlaksananya kegiatan operasi jantung tersebut,” kata Duta Besar Faisal Abdullah.

Kerajaan Arab Saudi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Melalui KS Relief, Arab Saudi berkomitmen memberikan bantuan di berbagai sektor kemanusiaan, termasuk kesehatan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker