KRI Diponegoro-365 Laksanakan Gunnery Exercise di Zona Barbara, Laut Mediterania

Abadikini.com, LEBANON – KRI Diponegoro-365, yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, melaksanakan Gunnery Exercise (GUNNEX) di Zona Barbara, Laut Mediterania, Lebanon, pada Selasa (21/05/2024). Latihan penembakan ini bertujuan untuk mempertahankan kesiapsiagaan tempur serta menguji fungsi sistem Sensor, Weapon and Command (Sewaco) kapal.

GUNNEX dilaksanakan dalam empat sesi. Sesi pertama meliputi penembakan Meriam OSRG 76 mm dengan metode remote dari Pusat Informasi Tempur (PIT) dan metode manual dari Target Designated Sight (TDS). Sesi kedua adalah penembakan Mitraliur Vector G2 20 mm di sisi kanan dan kiri kapal. Selanjutnya, sesi ketiga melibatkan penembakan SKWS Terma Decoy secara remote dari PIT dan manual dari anjungan, yang disimulasikan untuk menetralisir ancaman misil yang masuk. Latihan ditutup dengan sesi keempat, yaitu penembakan sniper tipe AX 7,62 mm dalam skenario menghadapi ancaman asimetris.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menekankan pentingnya latihan ini untuk mempertahankan profesionalisme dan naluri tempur prajurit dalam menghadapi situasi kompleks dan dinamis di perairan Lebanon. “Latihan penembakan ini sangat penting dalam menguji dan memastikan fungsi optimal dari sistem Sewaco yang dimiliki kapal, serta meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan tempur prajurit,” ujar Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu.

Latihan ini juga sejalan dengan visi Panglima TNI “PRIMA”, yang menekankan pentingnya profesionalisme dalam memenuhi segala tuntutan tugas, khususnya di daerah konflik seperti Lebanon yang hingga kini masih jauh dari kondusif.

Dengan pelaksanaan GUNNEX ini, KRI Diponegoro-365 menunjukkan komitmen tinggi dalam menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan misi serta meningkatkan keterampilan tempur prajurit dalam menghadapi berbagai ancaman.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker