Kemenkes Dukung Pengembangan RSUD dr. Hasri Ainun Habibie di Gorontalo

Abadikini.com, GORONTALO – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terus melakukan upaya mendukung pemenuhan layanan kesehatan di Indonesia, salah satunya melalui pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Hasri Ainun Habibie di Gorontalo. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menekankan pentingnya setiap rumah sakit provinsi mampu mengampu rumah sakit di kabupaten/kota agar tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat sekaligus meminimalisir rujukan ke Pulau Jawa.

“Kalau bisa tidak ada pasien yang dirujuk. Kalau bisa selesai di sini, baik itu penyakit kanker, stroke, dan jantung,” ujar Menkes Budi saat menghadiri Ground Breaking RS Ainun pada Jumat (24/5).

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi menyampaikan bahwa Kemenkes akan melengkapi 514 kabupaten/kota dengan alat penunjang kesehatan seperti CT Scan, mamografi, cath lab, set endourologi basic untuk ginjal, dan alat kemoterapi untuk kanker. Tujuannya agar semua kabupaten/kota dapat memberikan layanan kesehatan dasar untuk penyakit stroke, jantung, kanker, dan ginjal.

“Jadi, tidak usah khawatir, semuanya akan dapat. Setiap provinsi akan mendapatkan set yang tadi, ditambah dengan MRI dan brakiterapi untuk pengobatan kanker dari dalam,” tambah Menkes Budi.

Meskipun begitu, Menkes berharap adanya inisiatif dari pemerintah daerah dalam pengembangan kesehatan di wilayahnya, terutama dalam penyediaan sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM), termasuk dokter spesialis.

“Harus ada sarana prasarana dan SDM, dalam hal ini dokter spesialis. Kalau tidak ada dokternya, alatnya hanya jadi pajangan,” tegas Menkes.

Menkes Budi juga mengajak seluruh aparat kesehatan untuk melihat masalah kesehatan dari perspektif masyarakat. Rumah sakit harus memahami kondisi pasien, jumlah pasien yang meninggal, penyebab utama kematian, dan penyakit yang paling banyak menyebabkan rujukan.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama RSUD dr. Hasri Ainun Habibie, Fitriyanto Rajak, menyatakan kesiapan rumah sakit, khususnya dari sisi SDM, untuk mendukung program Kemenkes terkait penanganan Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi (KJSU). Namun, ia juga mengakui bahwa sarana prasarana yang dimiliki rumah sakit masih sangat terbatas.

“Kami berterima kasih kepada Kemenkes atas bantuan yang diberikan. Berkat dukungan Kemenkes, kami bisa menambah jumlah tempat tidur RS kami karena jumlah kunjungan RS kami sudah cukup tinggi,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, berharap dengan bantuan ini, RSUD dr. Hasri Ainun Habibie dapat meningkatkan akreditasinya menjadi Tipe C, sehingga dapat menjadi kebanggaan di kabupaten/kota lainnya. Sofian juga berharap Menkes Budi dapat mendukung RS Ainun sebagai lokus prioritas untuk penanganan empat penyakit utama, yaitu jantung, kanker, stroke, dan uronefrologi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker