Kelompok Houthi Yaman Kembali Serang kapal Israel di Mediterania

Abadikini.com, JAKARTA – Kelompok Houthi Yaman pada Jumat (24/5) waktu setempat mengeklaim telah melancarkan beberapa serangan militer yang menargetkan kapal-kapal komersial di sejumlah zona maritim regional, termasuk Laut Merah, Laut Arab, dan Mediterania.

Menurut pernyataan juru bicara militer kelompok tersebut, Yahya Sarea, Houthi dalam operasi pertamanya menembakkan rudal balistik ke arah “kapal kontainer berbendera Israel” MSC ALEXANDRA saat kapal tersebut transit di Laut Arab.

Operasi kedua, yang dijelaskan sebagai bagian dari “eskalasi tahap keempat”, menargetkan kapal milik Yunani YANNIS ketika kapal itu melintasi Laut Merah, demikian pernyataan tersebut, menambahkan bahwa serangan yang dilakukan oleh pasukan angkatan laut dan unit drone milik Houthi itu dianggap “akurat”.

Dalam operasi ketiga, kelompok tersebut menembakkan beberapa rudal ke kapal “berbendera Israel” ESSEX ketika kapal tersebut sedang berlayar di Laut Mediterania, kata Sarea. Houthi menuduh kapal tersebut melanggar larangan masuk ke pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah kendali Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Selain itu, kelompok tersebut kembali memperingatkan semua entitas komersial yang terlibat dalam perdagangan maritim dengan Israel bahwa kapal-kapal mereka akan menjadi sasaran di dalam wilayah operasional yang ditentukan oleh pasukan Houthi, tanpa memandang destinasi yang direncanakan kapal-kapal tersebut.

Houthi bersumpah untuk bertahan dengan “tekad dan keyakinan penuh” dalam melaksanakan “eskalasi tahap keempat” hingga penghentian “agresi” terhadap warga Palestina dan pencabutan blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza.

Sejak November tahun lalu, Houthi mulai melancarkan rudal balistik antikapal serta drone dan menargetkan apa yang mereka sebut sebagai kapal-kapal yang terkait dengan Israel yang transit di Laut Merah. Hal ini dilakukan sebagai wujud solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, yang telah menjadi sasaran serangan Israel tanpa henti selama lebih dari tujuh bulan.

Pada Januari, Amerika Serikat (AS) dan Inggris meluncurkan operasi militer dengan melakukan serangan udara ke lokasi-lokasi militer Houthi untuk menekan kelompok tersebut. Namun sebagai pembalasan, Houthi kemudian memperluas serangan mereka untuk mencakup kapal-kapal AS dan Inggris.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker