Ganjar: Pidato Politik Megawati Sejalan dengan Suasana Kebatinan Kader PDIP

Abadikini.com, JAKARTA – Calon Presiden yang diusung PDIP pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo, menyatakan bahwa pidato politik Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang sangat kritis terhadap situasi politik saat ini, selaras dengan suasana kebatinan kader PDIP. Hal ini disampaikan Ganjar ketika menjawab pertanyaan wartawan mengenai pidato politik Megawati yang mengisyaratkan bahwa PDIP mungkin akan berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Ya memang pidatonya betul-betul tadi menunjukkan ketegasannya. Rasa-rasanya sih in line lah dengan apa yang menjadi suasana kebatinan kader,” kata Ganjar kepada wartawan di arena Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta, pada Jumat (24/5/2024).

Meski demikian, Ganjar menegaskan bahwa sikap politik resmi PDIP akan dirumuskan dalam forum Rakernas. Ia enggan berspekulasi lebih lanjut mengenai hal tersebut. “Rasanya kalau soal sikapnya akan dirumuskan di Rakernas ini. Karena agendanya kan tiga itu ya. Jadi ada sikap, ada program rakyat, dan tentu saja yang terakhir nanti terkait dengan Pilkada. Mudah-mudahan dalam tiga hari ini akan bisa dirumuskan,” ujar mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

Lebih jauh, mengenai sikap politik PDIP ke depan, Ganjar meyakini bahwa Megawati akan mendengarkan suara dari arus bawah kader PDIP. “Maka Ibu juga bercerita; satu, kita dengerin suara yang ramai banget, tapi juga kita dengarkan suara yang sayup-sayup. Itu artinya betul-betul Ibu mencoba mengakomodasi akan kemana partai ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung ‘zona nyaman’ dalam pidato politiknya saat pembukaan Rakernas V PDIP di kawasan Ancol, Jakarta, pada Jumat (24/5). Ia memberikan peringatan kepada seluruh kader PDIP untuk tetap solid dan mengikuti instruksi partai. Jika ada kader yang tidak mengikuti instruksi, Megawati mempersilakan mereka untuk keluar.

“Partai kami adalah partai yang mempunyai keteguhan dan kesabaran yang luar biasa. Siapa yang nggak mau ngikut? Ya iyalah, udahlah nggak zona nyaman, zona nyaman melulu,” tegas Megawati.

Rakernas V PDIP ini akan berlangsung selama tiga hari dan diharapkan menghasilkan rumusan sikap politik, program rakyat, dan strategi menghadapi Pilkada yang akan datang.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker