Sudirman Said Siap Bersaing dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

 

Abadikini.com, JAKARTA – Sudirman Said, mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus mantan co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas Amin), menyatakan kesiapannya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024 jika ada partai yang mengusungnya. Bahkan, Sudirman mengaku tidak masalah harus bersaing langsung dengan Anies Baswedan.

“Jangan dilihat head to head-nya gitu ya, kompetisi apapun semakin banyak peserta yang punya ketulusan, yang punya keikhlasan, yang punya visi, punya kemampuan, semakin baik. Apakah itu ada Pak Anies atau tidak, apakah saya atau tidak, itu saya melihat kompetisi yang diikuti oleh orang-orang yang punya ketulusan, integritas, punya kompetensi itu baik. Jadi saya enggak lihat sebagai faktor,” ujar Sudirman kepada wartawan di Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal, Cipinang, Jakarta Timur, pada Kamis (23/5/2024).

Meskipun bersiap untuk bersaing, Sudirman mengaku hubungannya dengan Anies masih terjalin baik. Bahkan, dia yakin bahwa hubungan tersebut akan tetap baik jika mereka berdua menjadi peserta dalam Pilkada Jakarta.

“Iya, kan sudah dibuktikan, kadang-kadang juga berbeda posisi, kadang-kadang bersama-sama,” ujarnya.

Sudirman menegaskan kesiapannya untuk maju dalam Pilkada Jakarta jika ada partai yang mengusungnya.

“Tetapi saya dalam posisi mengatakan kepada mereka (partai), bila saya itu dianggap memenuhi syarat, kemudian saya mampu memberikan apa yang mereka harapkan, semua persyaratan itu dan memang dibutuhkan, ya saya mengatakan bersedia dipertimbangkan sebagai salah satu calon yang mungkin akan mereka pilih,” tegas Sudirman.

Dia juga mengungkapkan telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai, baik dalam Koalisi Perubahan maupun di luar koalisi tersebut. Namun, dia belum bisa menyimpulkan partai mana yang akan mendukungnya karena prosesnya harus dilakukan secara formal.

“Dan seperti anda ketahui di media, pernyataan saya, sampai sekarang saya belum bisa menyimpulkan apapun apakah mereka mendukung atau tidak, karena prosesnya pasti harus ditempuh secara formal,” terangnya.

Sudirman menekankan bahwa proses pemberian dukungan tidak bisa dilakukan secara instan, melainkan harus melalui proses formal yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Anies Baswedan juga menyatakan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk maju lagi dalam Pilkada Jakarta 2024.

Dengan kesiapan Sudirman Said untuk bersaing dalam Pilkada Jakarta 2024, diharapkan proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan memberikan pilihan yang terbaik bagi masyarakat Jakarta.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker