Neraka Bocor di Amerika Selatan, Manusia dan Monyet Jadi Korban

Abadikini.com, JAKARTA – Meksiko dan sebagian wilayah Amerika Selatan sedang dilanda panas ekstrem yang telah menyebabkan korban meninggal baik manusia maupun hewan. Menurut laporan ada lusinan orang meninggal dan monyet Howler yang ikonik di Meksiko berjatuhan mati dari pepohonan.

Suhu tinggi membentang di Teluk Meksiko hingga beberapa bagian Amerika Serikat termasuk Texas dan Florida.

Peringatan cuaca panas yang dikeluarkan oleh NWS berlaku untuk sebagian wilayah Texas. Suhu di sepanjang Rio Grande diperkirakan meningkat hingga 43,9 derajat Celsius dan 35 derajat Celsius di pegunungan Davis dan Chinati.

Florida Selatan lebih panas dari biasanya. Bandara Internasional Miami mencatat suhu tertinggi harian 35,6 derajat Celcius pada 19 Mei. Suhu tersebut melampaui suhu sekitar 30 derajat Celcius yang biasanya terjadi di Miami sepanjang tahun ini.

Situasi ini sangat serius di tempat-tempat seperti Mexico City, yang pada tanggal 9 Mei memiliki rekor suhu tertinggi hampir 34,3 derajat celsius dan diperkirakan akan mencapai 35 derajat celsius dalam beberapa hari mendatang.

Ahli meteorologi mengatakan kondisi ini disebabkan oleh fenomena kubah panas, yakni sebuah area bertekanan tinggi yang kuat yang berpusat di Teluk Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah bagian utara. Panas bertekanan tinggi ini menghalangi pembentukan awan dan menyebabkan sinar matahari yang luas serta suhu yang panas.

Panas ekstrem ini terjadi di dunia yang memanas dengan cepat akibat gas rumah kaca yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara.

Shawn Bhatti, ahli meteorologi di kantor perkiraan Layanan Cuaca Nasional di Miami, mengatakan angin selatan dari daerah tropis membawa udara hangat dan lembab ke utara dari khatulistiwa, yang berkontribusi terhadap kondisi hangat yang tidak biasa

Dampak terhadap satwa liar telah mengejutkan para ilmuwan, yang melaporkan lebih dari 130 kematian monyet howler di hutan tenggara dan kematian burung yang lebih tinggi di bagian utara negara tersebut kemungkinan disebabkan oleh panas dan faktor lainnya.

Dengan curah hujan di bawah rata-rata di hampir seluruh negara pada tahun ini, danau dan bendungan mengering dan persediaan air habis .

Protes telah berlipat ganda. Sekelompok agen polisi memblokir enam jalur lalu lintas pada hari Rabu di jalan utama Mexico City, dan mengatakan bahwa barak mereka kekurangan air selama seminggu dan kamar mandi tidak dapat digunakan.

Pihak berwenang harus mengangkut air untuk rumah sakit dan tim pemadam kebakaran.

Rendahnya tingkat bendungan pembangkit listrik tenaga air telah berkontribusi terhadap pemadaman listrik di beberapa bagian negara tersebut, dan minggu ini jaringan toko swalayan terbesar di negara tersebut – OXXO – mengatakan pihaknya membatasi pembelian es hingga dua atau tiga kantong per pelanggan di beberapa tempat.

Dinas Cuaca Meksiko memperkirakan gelombang panas lain akan terjadi pada bulan Juni, namun diperkirakan akan lebih pendek dan tidak separah saat ini.

Di Guatemala, suhu panas ditambah dengan kebakaran hutan, mendorong pihak berwenang mengambil langkah yang tidak biasa dengan melarang aktivitas luar ruangan di sekolah-sekolah di ibu kota karena kualitas udara yang buruk.

Negara-negara terdekat termasuk Belize, El Salvador, Honduras, Republik Dominika, dan Haiti juga mengalami suhu hangat yang tidak normal karena wilayah bertekanan tinggi ini.

sumber: cnbcindonesia

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker