Tim Promkes PPIH Edukasi Jemaah Haji untuk Hindari Dehidrasi

Abadikini.com, MADINAH – Tim Promosi Kesehatan (Promkes) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang Kesehatan melakukan edukasi kesehatan kepada jemaah haji asal Cilacap, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Kloter 27 SOC pada Sabtu (18/5). Edukasi ini dilakukan dengan mendatangi bus yang mengangkut jemaah tersebut. Tim Promkes mengingatkan jemaah untuk selalu minum air putih meski tidak merasa haus.

Cuaca di Arab Saudi yang sangat panas dan kering membuat jemaah jarang berkeringat saat beraktivitas dan jarang buang air kecil. Kondisi ini meningkatkan risiko dehidrasi. Karena itu, jemaah dianjurkan memperbanyak minum air agar terhindar dari dehidrasi di tengah cuaca yang ekstrem tersebut.

“Minum air minimal 200 ml setiap jam. Cara minumnya tidak sekaligus, dapat diminum secukupnya sehingga 200 ml dihabiskan dalam waktu 1 jam. Jangan tunggu haus, dan jangan takut untuk ke toilet,” kata Elvi, salah satu anggota Tim Promkes PPIH bidang Kesehatan, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Kamis (23/5/2024).

Elvi juga mengingatkan para jemaah untuk selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti topi, masker, kacamata hitam, dan alas kaki, serta membawa botol semprot. Masker dan botol semprot ini telah dibagikan kepada para jemaah haji sebelum keberangkatan sehingga dapat digunakan ketika tiba di Madinah.

Selain itu, jemaah diingatkan untuk selalu membawa kantong kresek untuk tempat sandal ketika salat di Masjid Nabawi. Beberapa jemaah kerap meninggalkan sandalnya di pintu masuk dan keluar lewat pintu berbeda, sehingga mereka tidak mengenakan alas kaki. Akibatnya, kaki mereka bisa melepuh dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh, yang dapat mengganggu aktivitas ibadah.

Setelah tiba di Tanah Suci, jemaah diminta langsung beristirahat di penginapan dan tidak langsung ke masjid. “Istirahat yang cukup karena habis perjalanan jauh dan panjang. Ketika besoknya beribadah, sudah segar sehingga dapat beribadah dengan lebih khusyuk,” kata Elvi.

Selain penyuluhan di dalam bus, Tim Promkes juga melakukan penyuluhan di penginapan. Pada Sabtu (15/5) lalu, penyuluhan dilakukan kepada jemaah haji Kloter 02 PDG di lorong lantai 8 Hotel Ammar Elite. Seperti penyuluhan di bus, Tim Promkes mengingatkan jemaah di penginapan untuk selalu minum air putih. Jemaah yang memiliki penyakit darah tinggi dan kencing manis juga diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter di kloternya dan mendapatkan obat yang diperlukan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker