Panglima TNI Tinjau Food Estate dan Proyek Pompanisasi di Merauke

Abadikini.com, MERAUKE – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., meninjau lahan yang disiapkan sebagai Food Estate dalam rangkaian kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, pada Rabu (22/05/2024).

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengunjungi lokasi di Kampung Nggutibob Sermayam, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau lahan Food Estate seluas 1.000 hektar yang menjadi bagian dari Program Ketahanan Pangan nasional seluas 1,2 juta hektar.

Setelah meninjau lahan Food Estate, Panglima TNI melanjutkan peninjauan ke proyek pompanisasi di Kampung Waninggapsay, Distrik Tanah Miring. Proyek pompanisasi ini terdiri dari 72 unit pompa yang tersebar di 42 titik dan mampu mengairi lahan seluas 4.285 hektar.

Kunjungan ini menegaskan komitmen TNI untuk terus mendukung program strategis pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia. Panglima TNI menyatakan bahwa dukungan TNI terhadap program ketahanan pangan sangat penting untuk memastikan keberhasilan program-program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program Food Estate ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. Dengan dukungan infrastruktur seperti proyek pompanisasi, kita berharap produksi pangan di wilayah ini dapat meningkat secara signifikan,” ujar Jenderal Agus Subiyanto.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan ini adalah Asintel Panglima TNI Mayjen Djaka Budi Utama, Aster Panglima TNI Mayjen Novi Helmy Prasetya, Danrem 174/ATW Brigjen Wempi Ramandei, dan PJ Gubernur Papua Selatan Apolo Saganpo.

Kunjungan ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan sektor pertanian di Papua Selatan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani lokal melalui optimalisasi penggunaan lahan dan peningkatan produktivitas pertanian. Proyek Food Estate dan pompanisasi ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam mengembangkan program ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128