Acer Indonesia Lanjutkan Komitmen Lingkungan dengan Penanaman Mangrove di Surabaya

Abadikini.com, SURABAYA – Dalam rangka mendorong komitmen berkelanjutan untuk melestarikan lingkungan, Acer Indonesia kembali menggelar penanaman mangrove sebagai bagian dari inisiatif #SayangBumi di Kawasan Konservasi Mangrove di Wonorejo, Surabaya. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan 25 tahun kiprah Acer di Indonesia. Pelaksanaan acara ini melibatkan karyawan, mitra bisnis, jurnalis, dan relawan komunitas lingkungan untuk bersama-sama menjaga kelestarian bumi.

Kegiatan ini melanjutkan penanaman mangrove yang telah dilakukan Acer Indonesia pada April lalu dalam rangka memperingati Hari Bumi dengan menanam 1.500 bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove, Tanjung Pasir, Banten. Kini, dalam memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional pada 22 Mei, Acer kembali menanam 1.000 bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove di Wonorejo Surabaya. Dengan penanaman mangrove ini, Acer Indonesia berharap dapat terus berperan aktif dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi bumi dan generasi mendatang.

Salah satu wujud komitmen global Acer dalam mendukung keberlanjutan tercermin dalam program Acer Earthion, di mana perusahaan berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi untuk mengatasi tantangan lingkungan melalui pemikiran kreatif dan kolaborasi. Program ini bertujuan mencapai tujuan nol emisi pada tahun 2050 melalui kemitraan dengan berbagai organisasi.

Leny Ng, Presiden Direktur Acer Indonesia, mengatakan, “Penanaman mangrove ini adalah aksi nyata Acer dalam mewujudkan kebaikan bumi secara ekologis, selain itu juga diharapkan dapat membawa dampak sosial ekonomi yang positif. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong dan menjaga hutan mangrove menjadi lebih baik agar generasi mendatang dapat menikmati lingkungan yang sehat dan berkelanjutan, sesuai misi Acer Indonesia untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan melalui inisiatif #SayangBumi.”

Penanaman mangrove di Wonorejo, khususnya jenis *Bruguiera gymnorrhiza*, merupakan langkah strategis untuk melindungi ekosistem pesisir dan masyarakat sekitar yang rentan terhadap abrasi dan potensi banjir rob akibat naiknya air laut. Kegiatan ini diharapkan menjadi upaya penguatan benteng alami bagi fauna dan flora pesisir. Mangrove memiliki karakteristik banyak daun dan potensi besar dalam menyerap karbon, sehingga mampu menyerap emisi gas karbon secara optimal karena sistem akar kapas dengan struktur uniknya. Bahkan, 1 hektar mangrove dapat menyerap 39,75 juta ton karbondioksida (CO2) per tahun.

Dalam kegiatan kali ini, Acer berkolaborasi dengan Yayasan Seasoldier yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kampanye edukatif dan pentingnya partisipasi generasi muda dalam pelestarian lingkungan.

Dinni Septianingrum, COO & Founder Seasoldier, mengatakan, “Kami mengapresiasi langkah Acer Indonesia yang memiliki peran aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan penanaman mangrove yang berlangsung hari ini di Surabaya dipastikan memiliki dampak positif bagi keanekaragaman hayati dan bisa memberikan perlindungan pada habitat pesisir, termasuk juga melindungi daratan dari kikisan air laut. Kami berharap langkah Acer Indonesia tidak berhenti sampai di sini saja, tapi bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan pelestarian lingkungan.”

#SayangBumi merupakan program berkelanjutan dari Acer Indonesia yang mengajak masyarakat untuk pelestarian lingkungan. Dimulai pada tahun 2022, inisiatif #SayangBumi telah diadakan di berbagai daerah di Indonesia melalui berbagai kegiatan edukasi, bersih-bersih pantai, pelatihan pelestarian lingkungan untuk pelajar, dan penanaman mangrove. Program ini menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan Acer selama 25 tahun di Indonesia. Untuk mengetahui detail informasi mengenai rangkaian program 25 tahun Acer di Indonesia, silakan mengunjungi acerid.com/25tahun.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker