PDIP Tidak Mengundang Presiden Jokowi dan Gibran di Rakernas V

Abadikini.com, JAKARTA – PDIP dipastikan tidak mengundang Presiden Joko Widodo dan Gibran Rakabuming Raka pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang akan diselenggarakan pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara.

Menyikapi hal ini, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, menyatakan bahwa politik di Indonesia selalu penuh kejutan.

“Membayangkan Jokowi dan Gibran diundang hadir di Rakernas PDIP, pasti haru, seru, dan cetar membahana. Biar makin berwarna politik kita,” kata Adi dikutip dari RMOL, Rabu (22/5/2024).

Adi memahami bahwa hubungan antara Jokowi dan PDIP, khususnya dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, sedang tidak baik. Salah satu pemicu buruknya hubungan tersebut adalah keputusan Jokowi, yang masih merupakan kader PDIP, untuk mengusung putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Meski begitu, analis politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah tersebut berharap masih ada peluang bagi Jokowi untuk hadir di Rakernas partai yang telah membesarkan namanya itu.

“Bayangkan kalau Jokowi datang, pasti banyak juga yang bakal misuh-misuh (mengumbar umpatan), jika itu terjadi,” tandas Adi Prayitno.

Rakernas V PDIP ini diharapkan akan membahas berbagai agenda penting, termasuk strategi politik menjelang pemilu dan isu-isu nasional yang menjadi perhatian partai. Absennya Jokowi dan Gibran dalam acara ini menambah dinamika politik yang terjadi di internal PDIP dan akan menarik perhatian publik mengenai perkembangan lebih lanjut dalam hubungan antara Jokowi dan partai yang telah mengantarkannya ke kursi presiden.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker